Press "Enter" to skip to content

Tertular Orangtua, 6 Anak di Situbondo Positif Corona

Setidaknya tercatat ada enam orang tergolong usia anak positif terpapar Coronavirus Disease atau Covid-19. Data tersebut disampaikan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


“Dari enam anak yang terpapar virus corona itu, tiga di antaranya masih berusia 4 tahun, 8 tahun dan 9 tahun,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat di Situbondo, Kamis 11 Juni 2020.

ISOLASI MANDIRI
Menurut dia, hingga saat ini keenam anak positif corona tersebut sudah dinyatakan sehat, namun tetap harus melakukan isolasi mandiri agar tidak menularkan virusnya kepada teman terdekat maupun tetangganya.


Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya meminta adanya peran aktif dari para orang tua terhadap kondisi anak-anaknya. Orang tua harus ikut mencegah penularan Covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga  Pakaian Adat Warnai Upacara HUT RI ke-75 di Istana


“Anak-anak yang terpapar corona di Situbondo itu rata rata tertular dari orang tuanya. Makanya kini diperlukan peran serta orang tua dalam menjaga putra dan putrinya,” ucapnya.


Imam Hidayat menjelaskan bahwa dua dari enam anak-anak yang positif corona itu, sebelumnya sempat dikarantina, namun saat ini sudah menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan sehat dan tanpa keluhan.


“Meski anak selalu ada di dalam rumah, bisa saja tertular setelah ada orang dewasa yang masuk ke rumah. Oleh sebab itu setiap orang tua harus waspada,” tuturnya.

PERHATIKAN GIZI ANAK
Mematuhi protokol kesehatan, menurut dia, sangat penting di tengah pandemi Covid-19, sehingga dapat menghindari penularan kepada anak-anak, dan anak tidak mudah tertulari dari orang lain.

Baca juga  Mulai 31 Juli, Sektor Pariwisata di Bali Dibuka untuk Wisatawan Domestik


“Yang terpenting lagi, selama masa pandemi, orang tua harus memberi asupan gizi yang cukup serta memberi makanan sehat kepada anak-anaknya, sebagai upaya memperkuat imun tubuh anak agar tak mudah terserang virus corona (Covid-19),” katanya. ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *