Press "Enter" to skip to content

China Percepat Pembuatan Vaksin Corona

China terus berupaya mengembangkan vaksin untuk Covid-19. Proses dipercepat dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk militer.
penelitian lain, dapat dilakukan di waktu bersamaan. Dengan demikian, ia meniadakan prosedur yang biasanya dilakukan secara runut.
Namun Dekan Fakultas Ilmu Farmasi di Beijing’s Tsinghua University Ding Sheng memperingatkan tentang penggunaan metode pembuatan vaksin secara non-konvensional. “Saya mengerti bahwa orang-orang sangat menantikan vaksin. Tapi dari sudut pandang ilmiah, kita tidak bisa menurunkan kriteria kita, bahkan dalam keadaan darurat,” katanya dikutip laman, Japan Times, Sabtu (13/6).


Ding turut mempertanyakan keputusan untuk mengotorisasi fase satu dan dua uji klinis secara bersamaan. Sebab hal itu memungkinkan laboratorium menghindari keharusan mencari otorisasi sebelum melanjutkan dari satu ke yang lain.

Baca juga  Selain Novel Baswedan, Belasan Pegawai dan Tahanan KPK Juga Terpapar Covid-19


Menurut Nick Jackson dari The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), China bukan satu-satunya negara yang mempercepat prosedur pembuatan vaksin. “Banyak organisasi secara global sedang melakukan uji coba adaptif yang memungkinkan transisi cepat dari fase satu ke dua. Pendekatan ini diperlukan mengingat kebutuhan mendesak akan vaksin,” ujarnya.


Dunia telah mencatatkan lebih dari 7,7 juta kasus Covid-19 pada Sabtu (13/6). Sementara angka kematian telah melampaui 428 ribu jiwa. (01)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *