Press "Enter" to skip to content

Dinilai Batalkan Haji Sepihak, DPR Panggil Menag

Komisi VIII DPR RI menggelar rapat terkait pembatalan keberangkatan haji 2020 pada siang ini, Kamis (18/6/2020). DPR juga memanggil Menteri Agama Fachrul Razi untuk menjelaskan pertimbangan pembatalan haji tersebut. Pasalnya, keputusan Menag dianggap sepihak oleh DPR.

TAK SESUAI KESEPAKATAN

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily memaparkan, pembatalan keberangkatan haji akan dikupas tuntas dalam rapat.

DPR ingin meminta penjelasan ke Fachrul soal kebijakan kontroversial itu.

“Mengevaluasi soal apa yang menjadi pertimbangan kebijakan pembatalan haji. Mengapa Menteri Agama memutuskan kebijakan ini tanpa membahasnya dengan Komisi VIII,” tutur Ace, Kamis (18/6/2020).

Dia menyayangkan keputusan pembatalan keberangkatan haji sepihak oleh pemerintah. Menurutnya, keputusan Facrul tak sesuai dengan kesepakatan dalam rapat kerja antara Komisi VIII dengan Kemenag pada Senin (11/5/2020).

Baca juga  Aisyiyah Jatim Kampanye Tetap Pakai Masker

KABAR DARI ARAB

Padahal dalam rapat saat itu, semua pihak sepakat untuk menunggu kabar dari Arab Saudi. Jika tak kunjung ada kabar, maka keputusan akan diambil lewat rapat antara Kemenag dengan Komisi VIII.

“Bukankah keputusan Rapat Kerja Komisi VIII dengan Menteri Agama tgl 11 Mei itu sifatnya mengikat sebagaimana diatur dalam UU MD3,” tegasnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *