Press "Enter" to skip to content

Soal 5 Kombinasi Obat Corona, BPOM: Siap Uji Klinik

Direktur Registrasi Obat BPOM Rizka Andalusia mengatakan terdapat sejumlah tahap yang perlu dipersiapkan BPOM sebelum memberikan izin edar untuk lima kombinasi obat virus Corona.

UJI EDAR

Prosesnya dimulai dari penelitian, pengembangan, pengujian. Ia mengatakan tahap-tahap awal sudah dilakukan peneliti Unair. Sehingga pihaknya tinggal melakukan uji klinik.

“Dari uji klinik tersebut akan didapatkan data bahwa obat-obat tersebut mempunyai khasiat dan keamanan yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pemberian uji edar,” ujarnya, Jumat (19/6/2020).

Dia mengamati, proses uji klinik ini bisa dipercepat jika upaya memperoleh pasien bisa dilakukan di beberapa rumah sakit secara serentak. Untuk itu BPOM berharap uji klinik bisa melibatkan beberapa rumah sakit.

Baca juga  Miris, 100 Karyawan Bulog Diduga Mafia Beras, Bakal Dipecat

REGIMEN

Sebelumnya tim peneliti Unair menemukan lima kombinasi obat yang diklaim bisa menyembuhkan corona. Kelima obat tersebut adalah lopinavir/ritonavir dengan azithromicyne, lopinavir/ritonavir dengan doxycycline, lopinavir/ritonavir dengan chlaritromycine, hydroxychloroquine dengan azithromicyne, hydroxychloroquine dengan doxycycline.

Penggunaan lima regimen kombinasi obat itu diklaim terjamin dan aman digunakan, lantaran berbahan dari obat yang telah lolos uji klinis fase 3 dan terdaftar di BPOM. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *