Press "Enter" to skip to content

Soal Haji 1441H, AMPHURI Apresiasi Keputusan Arab Saudi

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengapresiasi atas keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang mengedapankan sikap kehati-hatian untuk menjaga keamanan dan keselamatan para tamu Allah dengan memutuskan penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020 M dengan jumlah sangat terbatas.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP AMPHURI), Firman M Nur keterangan resminya di Jakarta, Selasa (22/6/2020).

AMPHURI meyakini, keputusan tersebut merupakan keputusan yang terbaik dan tercerdas di masa pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang belum kunjung usai ini.

“KeputusanKerajaan Saudi Arabia adalah yang terbaik dan tercerdas di masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai ini. Bahwa haji tahun ini tetap akan diadakan dan diikuti oleh umat Islam dalam hal ini penduduk lokal dan mereka para ekspatriat yang sudah ada di Saudi dalam jumlah yang sangat terbatas. Insya Allah umat islam sedunia tetap terwakili,” katanya.

Baca juga  Ada 215 Negara Berebut Vaksin Corona

“Semoga Allah SWT segera angkat wabah Covid-19 agar Asma-Mu lebih banyak diagungkan oleh jutaan umat-Mu di Padang Arafah-Mu, yaa Rabb,” sambungFirman berharap.

Sebelumnya, pada Senin (22/6/2020) kemarin, pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Haji danUmrah Arab Saudi merilis pengumuman mengenai pelaksanaan haji untuk musim tahun ini. Dalam akun twitter resminya, juga diumumkan bahwa pelaksanaan haji akan diadakan pada tahun ini dengan jumlah terbatas, yaitu jamaah dari berbagai macam negara yang berada di dalamKerajaan Arab Saudi. 

“Artinya, pelaksanaan haji tahun ini hanya dapat diikuti oleh jamaah haji dalam negeri Arab Saudi,” katanya.

KEHATI-HATIAN

Menurut Firman, pihaknya meyakini bahwa keputusan ini diambil oleh Arab Saudi didasarkan atas tindakan kehati-hatian untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pengunjung Baitullah. 

Baca juga  Dua Bocah SMP Menikah,  Bagaimana dalam Islam?

“Demi melindungi setiap orang dari resiko terjangkitnya wabah serta merujuk pada ajaran Islam yang memprioritaskan keselamatan umat manusia,” ujarnya

Terkait adanya keputusan ini, AMPHURI berharap bahwa keputusan ini menjadi pertimbangan yang kuat bagi setiap pihak terkait seperti hotel, apartment transit, konsumsi, transportasi dan pesawat yang telah menerima pembayaran deposit atau pelunasan dari PIHK untuk segera melakukan refund atas dana tersebut.

MENGHORMATI

Hal senada diungkapkan oleh Bendahara Umum AMPHURI, Tauhid Hamdi bahwa keputusan Arab Saudi sudah sangat tepat dengan mengadakan ibadah haji hanya untuk kalangan dalam negeri.

“Haji yang diadakan khusus warga Saudi dan yang sudah berada di Saudi karena mempertimbangkan masih adanya pandemi dan resiko penyebaran virus corona di seluruh negara sehingga Saudi melakukan pembatasan jumlah jamaah,” kata Tauhid yang juga owner PIHK Al Hamdi.

Baca juga  Benarkah Haji & Umrah Panggilan Allah?

“Sekali lagi, kami para Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang tergabung dalam AMPHURI memaklumi dan menghormati serta mengapresiasi atas keputusan ini. Sangat dikhawatirkan bahayanya penyebaran virus ini semakin meningkat di kumpulan manusia,” ujarnya.

Seperti dikutip dari rilis resminya, Kementerian Haji dan Umrah memandang, wabah Covid-19 di lebih dari 180 negara di seluruhdunia, dengan jumlah kematian hampir setengah juta jiwa, dan lebih dari tujuh juta terinfeksi di seluruh dunia. Ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *