Press "Enter" to skip to content

Tips Menjaga Asupan Gizi Disaat Pandemi

Pandemi covid-19 telah merubah banyak hal dalam tatanan kehidupan. Tak terkecuali dalam pemenuhan asupan gizi yang tepat dan sehat. Pasalnya, keterbatasan waktu dalam beraktivitas dan akses berbelanja kebutuhan pangan membuat seseorang kesulitan memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari.

Dalam artikel Resep Masakan Keluarga Sehat Unicef edisi Mei 2020, Dr Tan Shot Yen, M.humm mengatakan bahwa sebenarnya cukup mudah menjaga nutrisi anak-anak ditengah musim Pandemi seperti sekarang ini. Ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Konsumsi makanan beragam dan teratur
    Dr Tan mengingatkan agar kita selalu menggunakan prinsip “isi piringku” saat makan setiap hari. Isi piringku antara lain sebagai berikut:
    a. Karbohidrat yang menjadi sumber tenaga terdiri dari nasi, kentang, jagung, singkong, dan sebagainya, menempati sepertiga porsi piring
    b. Setengah bagian piring diisi dengan sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral serta kaya serat untuk tubuh.
    c. Seperenam bagian piring sisanya berisi sumber protein, baik protein hewani seperti telur, daging, ikan, maupun protein nabati seperti kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi dalam bentuk tahu, tempe, atau olahan biji-bijian lainnya.
  2. Memenuhi Kebutuhan Sayur dan Buah
    Sebelum masa Pandemi, kita selalu dianjurkan untuk selalu makan sayur dan buah-buahan segar setiap hari. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan maka tubuh akan tetap dalam kondisi fit sehingga tidak mudah terkena virus. Sekalipun sudah boleh makan ditempat pada masa new normal seperti sekarang sebaiknya tetap mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.
    Dalam sehari, sebaiknya selalu mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak lima porsi. Diwaktu Pandemi seperti sekarang ini, sebaiknya kita memaksimalkan layanan pesan-antar agar bisa mendapatkan sayur dan buah-buahan segar karena dibatasi untuk keluar rumah. Jangan lupa selalu menyimpan sayur dan buah-buahan untuk menjaga kesegarannya.
  3. Minum Banyak air.
    Salah satu cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan supaya terhindar dehidrasi adalah dengan minum air putih yang banyak. Bukan hanya sedang makan saja, disela-sela aktivitas pun sebaiknya tidak lupa untuk minum air putih yang banyak. Hindari untukbminum minuman manis yang mengandung terlalu banyak gula. Pasalnya, minuman manis akan memicu gangguan kesehatan jangka panjang, seperti kegemukan dan obesitas.
  4. Hindari makanan yang tidak sehat.
    Menjaga asupan gizi sehat dan seimbang selama masa Pandemi covid-19 bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, tak sedikit swalayan atau pasar yang menyediakan kebutuhan sayur dan buah-buahan masih tutup untuk menghindari tersebarnya penyakit covid-19. Anda bisa memesan masakan siap saji dengan panduan berikut ini jika memang terdesak harus menggunakan layanan pesan-antar:
    • Selalu periksa label gizi dan pilihlah jenis makanan paling sehat diantara banyaknya menu makanan siap saji yang tersedia.
Baca juga  Muhammadiyah-NU Kompak Bersatu Membangun Bangsa

• Sebaiknya pesan makanan siap saji sekali dalam satu minggu. Dan pesan hanya lauknya saja, sedangkan sayuran dan buah-buahan tetap disediakan di rumah dalam kondisi segar.

• Pastikan untuk mengatur porsi makan sesuai kebutuhan gizi dalam makanan siap saji yang dipesan.

  1. Belajarlah Memasak
    Salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan imun tubuh tetap terjaga adalah dengan menjaga psikis tetap sehat. Memasak menjadi aktivitas populer yang menyenangkan dan menghibur selama masa pandemi. Tidak hanya mengenyangkan, dengan memasak sendiri maka kita juga akan selalu mendapat makanan yang menyehatkan.

Terakhir, hindari juga untuk membeli camilan praktis buatan pabrik yang biasanya mengandung banyak gula atau garam. Ganti dengan potongan buah segar, jus buah, atau sayuran yang bisa dimakan mentah. Buatlah berbagai potongan buah dengan bentuk yang menarik untuk menggugah selera makan. Ingat, kebutuhan nutrisi harus tetap terpenuhi meskipun sedang masa Pandemi. (Lina)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *