Press "Enter" to skip to content

Kemenkes Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran, Apa Saja?

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono memprediksi puncak kasus positif virus corona (Covid-19) usai libur Lebaran terjadi pada pertengahan Juni 2021.

“Kemungkinan kasus meningkat dan mencapai puncaknya pada pertengahan Juni,” kata Dante dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX, di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Dante menyebut peningkatan kasus Covid-19 sudah mulai terlihat pekan ini. Menurutnya, akan terjadi peningkatan 50 persen kasus positif Covid-19 beberapa minggu ke depan.

“Kemudian kita asumsikan pada pertengahan Juni akan terjadi peningkatan 50 persen kasus dibanding sebelumnya,” ujarnya.

TINGKATKAN KETERSEDIAAN OBAT

Untuk itu Dante memastikan pihaknya telah menyiapkan antisipasi lonjakan kasus Covid-19. Salah satunya dengan meningkatkan ketersediaan obat hingga 50 persen lebih besar dari kapasitas saat ini sepanjang tiga bulan ke depan.

Baca juga  Wamenkes: 593.372 Nakes Sudah Divaksin

Kemenkes, kata Dante, tengah berupaya meningkatkan kapasitas rumah sakit hingga 300 persen dari jumlah kasus saat ini.

Mengutip paparan yang disampaikan Dante, Kemenkes menyiapkan hingga 71.509 tempat tidur untuk isolasi dan 7.615 tempat tidur untuk perawatan intensif.

Saat ini ada 27 ribu orang yang diisolasi di rumah sakit dan 2.400 orang yang dirawat intensif.

“Produksi oksigen juga kami siapkan, kami tambah kapasitas oksigen yang cukup sehingga bisa menjangkau 76 ribu pasien,” tegasnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *