IDI Mencatat 405 Dokter Meninggal Karena Covid19

Ketua Tim Mitigasi Dokter Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Humaidi mencatat pada hari ini, Ahad (27/6/2021) ada empat dokter yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona (Covid-19). Dengan begitu, total dokter yang meninggal sebanyak 405 orang selama wabah Covid19.

“Melihat kondisi saat ini juga perlu kami laporkan data yang kemarin kami sampaikan teman-teman media per 25 Juni ada 401 dokter yang meninggal. Hari ini sampai siang tadi bertambah empat orang dokter yang meninggal karena Covid-19, dan mereka memang melakukan pelayanan,” ujar Adib dalam jumpa pers.

JADI PERHATIAN

Adib mengatakan sepanjang bulan ini, setidaknya 30 dokter tercatat meninggal dunia karena Covid-19. Meskipun jumlahnya lebih rendah ketimbang Januari lalu, ia meminta hal ini tetap menjadi perhatian.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

Ia mengungkap masih banyak tenaga kesehatan yang saat ini dirawat karena Covid-19. Seperti di Jawa Tengah, dimana 231 dokter masih harus diisolasi. Total dokter yang terpapar di provinsi itu ada 583 orang.

Kemudian, lanjut Adib, di Yogyakarta ada 163 dokter yang terpapar, di Surabaya ada lebih dari 100 dokter dan lima di antaranya dilaporkan dalam keadaan kritis.

“Kondisi ini memberikan gambaran bahwa perlu ada upaya intervensi yang tidak mengandalkan di hilir. Karena kita punya keterbatasan,” tandas Adib. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed