PKM UNESA Gelar Pelatihan Pembuatan Ujian Online

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pun menggelar pelatihan pembuatan ujian online berbasis Google Form terhadap sejumlah guru dari Yayasan Perguruan Karya Setia (YPKS) Miftachul Hidayah. Tim Program Pengabdikan Kepada Masyarakat (PKM) ini diketuai oleh Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom. dengan aggota, I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. dan Aries Dwi Indrayanti, S.Kom., M.Kom. yang turut dibantu oleh Puji Septiyana Nautika dan Reynisa Beta Nurlyan sebagai perwakilan mahasiswa.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan para guru dalam membuat ujian secara online dengan menggunakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Googlesecara gratis, yaitu Google Form. Wiyli Yustanti menyampaikan, sebenarnya, terdapat berbagai macam platform yang dapat digunakan oleh para guru untuk membuat ujian secara online.

Baca juga  Kemendag RI Kunjungi Smamda Surabaya, Ajak Siswa Cintai Produk Indonesia

“Namun, pada pelatihan ini, saya akan menggunakan Google Form karena platform tersebut memiliki kompleksitas yang rendah, sehingga para guru dapat mengelolanya secara mandiri dengan mudah dan tidak berbayar,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima majalahnurani.com Senin (24/7) malam.

Progam PKM ini berlangsung pada tanggal 24 Juni 2023 di Kota Mojokerto, Jawa Timur yang dihadiri oleh 25 guru dari YPKS Miftachul Hidayah sebagai peserta pelatihan. Sebelum pelatihan dimulai, peserta diminta untuk mengisi pre-test terlebih dahulu. Wiyli Yustanti menyampaikan, pre-Test ini digunakan untuk mengetahui pemahaman awal para peserta mengenai penggunaan Google Form dalam membuat ujian online.

Kemudian, setelah para peserta selesai mengisi Pre-Test, Wiyli Yustanti pun membuka pelatihan pembuatan ujian online berbasis Google Form yang dilanjutkan dengan pemaparan materi. Pertama, cara membuat pertanyaan dengan berbagai tipe mulai dari pilihan ganda, kotak centang, isian singkat, essai beserta pemberian skor pada setiap pertanyaan. Kedua, cara mengelola jawaban milik responden. Ketiga, cara mengelola pengaturan ujian secara keseluruhan pada Google Form.

Baca juga  Tekan Angka Stunting, Dosen FK UNESA Gelar Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan di Daerah Pesisir

Respon para peserta terhadap pelatihan yang diberikan oleh Tim PKM Unesa, merasa puas. Sebagian peserta pun mengajukan permintaan terkait pengadaan kembali pelatihan di YPKS Miftachul Hidayah dengan topik pelatihan lain. “Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru telah dapat mengembangkan keterampilannya dalam membuat ujian secara online dengan menggunakan Google Form,” tegasnya. (Bg, foto: dok. UNESA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed