LDKS SMP Al Falah Surabaya di Koarmada, Latih Siswa Jadi Pemimpin

Pengalaman berkesan dirasakan siswa SMP Al Falah Surabaya saat mengikuti kegiatan LDKS di markas TNI AL, Kolat Koarmada II Surabaya. Selama dua hari satu malam, Kamis – Jumat (7-8/9) siswa ditempa untuk menjadi pribadi berakhlak, disiplin dan mandiri. Kepala SMP Al Falah Surabaya, Ustaz Darmanto MPd mengakui bahwa LDKS merupakan media latihan siswa untuk siap menjadi pemimpin dan siap dipimpin. “Seluruh kompetensi seorang pemimpin dari kepribadian, manajerial, supervisi dilatihkan dalam kegiatan LDKS ini,” ungkap Ustaz Darmanto.

Menurut Ustaz Darmanto, siswa yang menonjol kompetensi kepemimpinannya akan mengaktualisasikn diri dalam kepengurusan Osis, Remas, dan MPK disekolah. Dijelaskan bahwa dalam kegiatan ini, selain kompetensi umum yang dilatihkan, secara spesifik kompetensi kepribadian Islam sangat ditanamkan.

Baca juga  UNESA Dapat Penghargaan sebagai Kampus Kebangsaan dari BNPT RI

“Seperti sholat berjamaah, sholat tahajud, murojaah, muhadoroh. Harapan kami siswa SMP Al Falah Surabaya memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus. Yang nantinya mampu berkontribusi dalam sekolah dan masyarakat, bangsa dan negara,” jelas Ustaz Darmanto.

LDKS bersama TNI AL ini melibatkan sebagian siswa kelas 9 sebagai pioner. Mereka adalah para pengurus organisasi yang akan berakhir masa jabatannya. Kala itu siswa ditempa dengan materi kebangsaan, baris berbaris, paskibra dan caraka. Tentunya pengalaman di markas tersebut langsung dirasakan siswa.

“Alhamdulillah responnya bapak TNI sangat positif.  Siswa juga lebih disiplin, mandiri ketika menerima materi,” imbuh Ustaz Fahad sebagai petua pelaksana.

Bahkan, pengalaman ini juga dirasakan siswi kelas 7.2 yakni Aqilla Aulya Sari. Dia merasa bahagia mendapatkan materi berharga tersebut. Lebih dari itu, menurutnya acaranya juga seru dan menarik. “Ini adalah pengalaman LDKS pertama saya. Saya sangat menikmati setiap acaranya karena di setiap acaranya pasti sangat seru dan menarik,” terang Aqila. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed