Sepatu Bineka Unesa Pecahkan Rekor MURI

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali memecahkan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada Sabtu (9/9). Rekor ini diraih Unesa karena Sepatu Bineka beda warna produksi Unesa dinilai unik kreatif. Lebih itu, Sepatu Bineka terbanyak dipakai peserta jalan sehat tepat di Gebyar Dies Natalies Unesa ke-59, sekaligus perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Kurang lebih tiga ribu peserta mengikuti jalan sehat di halaman Rektorat Kampus Unesa Lidah, Surabaya.

Sepatu Bineka beda warna ini memiliki makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa meski berbeda warna, yang diartikan adanya perbedaan, namun tetap satu tujuan. Melangkah untuk kemajuan Bangsa Indonesia. Rektor Unesa Prof Hasan, atau akrab disapa Cak Hasan, mengakui, Sepatu Bineka memang berbeda warna antara kanan dan kiri. Namun demikian, berbeda tapi tetap satu harmoni. “Sebab kalau nggak harmoni, saya nggak bisa jalan,” ungkapnya.

Baca juga  Yayasan Masjid Raudlatul Jannah Beri Reward 10 Umrah ke Guru dan Pegawai Sekolah

Dijelaskannya, Sepatu Bineka beda warna merupakan produksi lokal. Unesa kerjasama dengan Ardiles. Di sepatu juga ada logo Unesa. Apa tujuannya diproduksi Sepatu Bineka? Cak Hasan menjelaskan, tujuannya mengedukasi masyarakat. Mengubah mindset bahwa masyarakat harus menghargai perbedaan.  Masyarakat harusnya tidak lagi terkejut dengan adanya perbedaan. “Karena kita diciptakan Allah SWT, itu berbeda-beda. Sehingga kita tidak perlu lagi mempersoalkan adanya perbedaan itu. Seperti halnya NKRI harga mati. Semuanya berjalan untuk kepentingan bangsa dan negara,” urainya.

Perwakilan MURI, Triono menambahkan, hari ini kegiatan yang digelar Unesa sangat unik. Jalan sehat diikuti ribuan peserta dengan mengenakan sepatu beda warna. “Selamat untuk Unesa. Maknanya yakni meskipun berbeda warna, tetapi kita tetap bisa melangkah maju bersama,” sambungnya. Menariknya, masyarakat juga bisa membeli sepatu ini secara online di Edunesa Mall. Dimana pagi itu Unesa juga melaunching Edunesa Mall dan PT Corporanesa. (Ra, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed