AHCC Edukasi Gejala Kanker Prostat di SkyCave Rooftop MaxOne

Tiap November diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Prostat. Pada tahun 2023, tema yang di usung untuk memperingatinya ialah “Sadari Resiko Anda”. Tagline ini diusung untuk mendorong kaum laki-laki untuk lebih peka terhadap kesehatan organ vital, mengetahui gejala dan penyebab, serta melakukan pemeriksaan rutin. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Adi Husada Cancer Center (AHCC) pada Minggu (19/11) di SkyCave Rooftop & Lounge mengundang Komunitas Pesepeda Cerita Orang Bike untuk berkumpul dan berdiskusi tentang mitos kanker prostat pada pria pesepeda.

Kegiatan diikuti oleh 30 orang, yang diawali dengan GOBAR (Gowes Bareng) pukul 06.00 WIB dengan rute Jl. Ahmad Yani menuju Jl. Dharmahusada. Setelah itu, para pesepeda beristirahat di SkyCave Rooftop MaxOneHotels.com @Dharmahusada Surabaya dan menikmati Breakfast Buffet All You Can Eat. Tidak hanya itu, inti acara yang diselenggarakan ini ialah memberikan Edukasi terhadap komunitas yang di dominasi oleh kaum laki-laki ini tentang pentingnya olah raga dan gaya hidup yang seimbang. Sebagai pemateri ialah dr. Edwin Ongkorahardjo Sp.U., MARS yang merupakan Doker Spesialis Urologi di Adihusada Cancer Center.

Baca juga  Unusa Buka Layanan Cek Kesehatan Gratis di Pameran Sekolah IEF 2024

Materi disampaikan mengenai Mitos & Fakta munculnya gejala Kanker Prostat. Peserta yang antusias, berbondong-bondong untuk angkat tangan ketika dokter masih menjelaskan materi. Dengan konsep diskusi yang santai dokter pun menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh para pesepeda tersebut. “Kanker Prostat ini gejalanya sering kita abaikan, padahal sangat mudah di deteksi seperti sering buang air kecil ketika malam, dan tekanan saat mengeluarkan urine berkurang. Yang simple gini sudah bisa jadi alarm bagi kita,” kata dr. Edwin.

“Acara yang diselenggarakan sangat menarik, khususnya bagi para pesepeda, saya mau Tanya kalau terlalu sering bersepeda apakah menjadi pemicu kanker prostat?” Tanya seorang peserta.

“Kalau bersepeda lebih dari 8 jam, bisa jadi pemicu. Karena organ tersebut kan terjepit ya, sehingga ada kemungkinan menyebabkan nyeri. Tujuannya olahraga kan mau sehat, jadi dilakukan juga sesuai kebutuhan,” jawab dokter yang hobby jalan 5 km ini.

Baca juga  Pemerataan Distribusi Dokter Jadi Agenda Utama FORDEK AIPKI 2024

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung selama 2 jam, di tutup dengan pembagian doorprize dan berswafoto. Abdul Najib selaku General Manager MaxOneHotels.com @Dharmahusada Surabaya mengatakan bahwa tempat kami diharapkan menjadi tempat yang nyaman untuk komunitas berkumpul dan sharing materi-materi bermanfaat. “Harapan saya dengan kegiatan ini, kita bisa menyadari pentingnya pola hidup seimbang dengan olah raga, mengatur pola makan, dan juga peka dengan melakukan pemeriksaan rutin untuk kesehatan jangka panjang,” pungkasnya. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed