Ribuan Siswa Antusias Ikuti OMNAS 2023 yang Digelar EEC

Emerald Education Center (EEC) terus berkomitmen mencetak generasi bangsa yang hebat dan berprestasi. Ini bukti EEC sebagai lembaga pendamping pendidikan sekaligus jasa penyelenggara acara bidang pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2011.

Pagi itu, Minggu (17/12) EEC kembali menggelar kompetisi pendidikan tingkat nasional melalui ajang Olimpiade Nasional (OMNAS) 2023 dengan mengusung tema lomba “Matematika Sains Bahasa Inggris Ke-13”. Direktur EEC, Andreas Sarmin SE.,MM mengatakan, kompetisi nasional OMNAS ini  merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh EEC sebagai bentuk dukungan turut mencerdaskan anak-anak Indonesia.
“Kompetisi OMNAS ini diselenggarakan dilatar belakangi keinginan untuk memberikan sumbangsih kepada bangsa Indonesia. Agar, bisa menyiapkan generasi bangsa yang tangguh, hebat dan berprestasi,” kata Andreas saat diwawancarai di hari kedua final OMNAS 2023 di Gedung Unesa Lidah, Surabaya.

Andreas menegaskan, lomba tersebut juga untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dibidang pendidikan, mengembangkan minat, bakat, pengetahuan dan kemampuan serta ketrampilan di bidang akademik. Menurut Andreas, hal ini sesuai misi visi EEC yaitu Berkualitas, Berkarakter dan mendunia. Sedangkan visinya Membangun Lembaga Pendukung Pendidikan yang berkualitas untuk menciptakan anak Indonesia yang berkarakter dan berwawasan.

Baca juga  Jalin Persaudaraan, Siswa SMP Al Falah Darmo Keliling Silaturahim ke Warga

Terlebih lagi, EEC sendiri sudah dikenal penyelenggara berbagai event nasional bidang pendidikan. Diantaranya, OMNAS (Matematika, sains, Bahasa Inggris) 1-12, FABI (Festival Anak Berprestasi) 1-12, IMSC (Indonesian Mathematic Science English Competition) dan EMC (Emerald Mathematic Competition).
“OMNAS 2023 ini juga bertujuan untuk mengembangkan daya kreatifitas, berpikir kritis dan inovatif. Sehingga, OMNAS bisa memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya,” terangnya.

OMNAS 2023 dilaksanakan dengan 3 tahapan seleksi yaitu Penyisihan Kota yang dilaksanakan dimasing masing kota dan kabupaten, Final Provinsi yang dilaksanakan di masing-masing provinsi dan tahapan terakhir yaitu Grand Final. Sedangkan, untuk seleksi final provinsi OMNAS ke-13 diselenggarakan di 14 provinsi di Indonesia mulai Jawa bali Kalimantan hingga Sumatera. Untuk Jawa Timur diselenggarakan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada tanggal 16-17 Desember 2023. Dimana, final ini diikuti total 7.050 finalis dari 34 kota.
“Untuk tanggal 16 Desember 2023 ada tes tulis. Sedangkan, pada hari kedua merupakan awarding ceremony untuk peraih Juara,” paparnya.

Baca juga  Yayasan Masjid Raudlatul Jannah Beri Reward 10 Umrah ke Guru dan Pegawai Sekolah

Emerald Education Center telah menyediakan hadiah menarik bagi pemenang yaitu Field Trip Ke Luar Negeri (Malaysia, Singapura,Thailand hingga Australia). “Kami berharap, melalui ajang OMNAS ini khususnya final provinsi Jatim tahun ini dapat menjadi pengalaman berharga. Sehingga, bisa melahirkan para juara baru di dunia pendidikan agar bisa lebih berprestasi lagi di olimpiade-olimpiade mendatang untuk level nasional maupun internasional,” ungkap Andreas.

Alifiandra Danish, siswa kelas 3 asal SDN 05 Kota Madiun Lor, senang mengikuti lomba kategori matematika. Dia sejak kecil suka berhitung. Terlebih lagi berhitung dengan sempoa. “Seneng banyak teman. Pengen juara juga. Di Surabaya sudah dua hari,” ungkap Andra yang didampingi Fana, sang ibu.

Baca juga  Dispendik Surabaya Gencarkan Pembekalan Guru Siswa Inklusi

Muhammad Adhyasha, siswa SDN Manukan Wetan Surabaya, juga mengaku siap kompetisi di final kala itu. Dia fokus belajar rumus diagram venn. “Suka matematika. Ini sudah persiapan belajar dua minggu, semoga juara,” harapnya yang siang itu ditemani ibunya, Mirza Istiqomah. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed