Pecah Rekor, Indonesia Sabet Medali Emas 3×3 ASEAN University Game

Hari yang dinanti telah tiba, final laga basket 3×3 ASEAN University Games (AUG) berlangsung semalam di Gedung Olahraga (GOR) Kampus MERR-C Universitas Airlangga (UNAIR).

Pertandingan itu mempertemukan tim putri Singapura vs Laos, Indonesia vs Malaysia, Malaysia vs Laos, Indonesia vs Singapura. Sedangkan, untuk tim putra Malaysia vs Laos, Laos vs Indonesia, Indonesia vs Filipina.

Pertandingan itu berlangsung sengit terutama saat tim putri Indonesia vs tim putri Singapura. Kedua tim saling kejar-mengejar skor hingga menit terakhir. Namun, hal tersebut tidak menjadikan tim putri Indonesia menjadi lengah. Tim kebanggaan Indonesia itu berhasil merebut dan mengungguli dengan perolehan skor 21 dengan tim lawan.

Baca juga  Pemkot Surabaya Atur Pembuangan Sampah Selama Piala AFF U-19 2024

Dewa Ayu Made Sriartha mengatakan, ia sangat bersyukur dapat mengharumkan nama Indonesia. Ia tak menyangka sebelumnya karena persiapan yang ia lakukan dengan tim hanya satu bulan.

“Tentunya, sebagai kapten saya merasa senang karena berhasil unggul dalam kompetisi ini sekaligus ini medali emas pertama untuk Indonesia khususnya di 3×3. Kami tidak menyangka bahwa dengan persiapan yang relatif singkat dapat membawa tim Indonesia pada titik ini,” papar Ayu Sabtu (29/6).

Atlet kelahiran Pulau Dewata itu menceritakan, tantangan yang ia dan tim hadapi tidak hanya saat pertandingan. Ia dan tim harus membagi waktu antara 3×3 dan 5×5. Tidak mudah bagi seorang kapten tim basket kebanggaan Indonesia itu untuk menjalani dua kompetisi sekaligus.

Baca juga  Jelang Piala AFF U-19, Stadion G10N Segera Ditinjau FIFA

“Selain waktu persiapan yang singkat, kami seluruh tim harus membagi waktu untuk dua kompetisi tersebut. Memang tidak mudah, tapi kami bisa melakukannya” imbuh Ayu.

Pada akhir, ia berharap dengan pencapaian yang telah diraih bukan menjadi akhir tujuan. Namun, menjadi pijakan selanjutnya untuk menorehkan prestasi lainnya terutama di kancah internasional. “Semoga langkah ini menjadi langkah awal bagi basket Indonesia untuk eksis dan berkembang di kompetisi selanjutnya,” ungkapnya.

Rincian Perolehan Skor

  1. Singapura (21) vs Laos (4)
  2. Indonesia (21) vs Malaysia (16)
  3. Laos (6) vs Malaysia (21)
  4. Singapura (13) vs Indonesia (21)

Sebagai tambahan, dalam kompetisi tim putri basket 3×3 ASEAN University Games (AUG) 2024, Indonesia berhasil menduduki posisi pertama, kemudian disusul oleh Singapura dan di posisi ketiga diduduki oleh Malaysia. (Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed