Peringatan 1 Muharram, MUI Ajak Umat Tebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin

Mengacu pada kalender Islam Hijriah 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI, tanggal 1 Muharram ditetapkan jatuh pada Ahad 7 Juli 2024. Bulan Muharram tahun ini sudah memasuki tahun ke-1446 H. Artinya, umat muslim akan merayakan Tahun Baru Islam 1446 H pada Ahad, 7 Juli 2024.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengajak umat Islam untuk memaknai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah sebagai momentum untuk mengevaluasi diri.

“Kita mengharapkan agar peristiwa ini benar-benar bisa menyadarkan kita umat Islam akan arti pentingnya kita melakukan evaluasi diri. Agar kita tahu kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang kita hadapi,” ujar Anwar dalam siaran pers kemarin.

Baca juga  32 Pejabat Polda dan Kapolres di Jawa Timur Diganti, Inilah Daftarnya

Dalam sistem penanggalan kalender Hijriah, Bulan Muharram ditetapkan sebagai bulan pertama. Dalam sejarah Islam sendiri, terdapat sejumlah peristiwa penting yang terjadi pada Bulan Muharram.

Salah satu peristiwa penting yang menandai Bulan Muharram yakni momen hijrahnya Rasulullah saw. dari Mekkah ke Madinah untuk berdakwah secara terang-terangan.

Menurut Anwar, umat Islam harus merefleksikan setiap tingkah laku sebagai Muslim agar dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan ke depan, utamanya menghadirkan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Mari kita menyusun dan melakukan langkah perbaikan ke depan agar kehidupan kita dalam segala tingkatan bisa lebih baik dari hari kemarin,” tegasnya. (Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed