Siswa SMK di Kota Mojokerto Berhasil Konversi Kendaraan BBM ke Listrik

Siswa SMK Tamansiswa Mojokerto berhasil mengkonversikan mesin kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik.

Peluncuran kendaraan konversi tersebut mengusung judul “Konversi Mobil dan Sepeda Motor Listrik, Langkah Tamansiswa Menjaga Bumi Majapahit” digelar di SMKN Tamansiswa Kota Mojokerto, Wates Kecamatan Magersari, Selasa (2/7/2024)

Pada kesempatan itu SMKN Tamansiswa memperkenalkan sejumlah jenis kendaraan yang berhasil dikonversi menjadi bertenaga listrik. Antara lain yaitu, mobil listrik, viar listrik, dan motor listrik.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mojokerto Ruby Hartoyo mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan para siswa dan tenaga pendidik SMKN Tamansiswa.

“Ini (konversi) menjadi salah satu solusi yang efektif dalam mengurangi polusi udara dan mendukung terciptanya lingkungan yang lebih sehat,” ujarnya yang membacakan sambutan Pj Wali kota.

Baca juga  Ruwah Dusun Tuwiri Mojokerto, Ajang Silaturahim Sekaligus Uri-Uri Budaya

Ditambahkan Ruby, keberhasilan tersebut merupakan langkah nyata dalam mendukung program pemerintah pusat maupun agenda global untuk mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Proyek konversi mobil BBM ke listrik ini berjalan di bawah binaan Ki Prof. Drs. Pardimin, M.Pd., Ph.D yang juga Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Selain itu juga bekerjasama dengan PT Brajakara Teknologi Media yang merupakan industri yang menaungi langsung IMEV (Indo Motor Electric Vehicle).

Kolaborasi ini menjadi terobosan bagi SMK Tamansiswa untuk dapat berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi bidang konversi motor dan mobil listrik, sekaligus mendukung percepatan program pemerintah dalam bidang tersebut. (Ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed