Press "Enter" to skip to content

Menkes: Ikan Kalengan Yang Digoreng, Cacingnya Mati

Menjaga sterilitas sangat penting dalam mengolah, menyajikan dan mengonsumsi makanan.
Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, menanggapi pertanyaan seputar temuan Badan POM dalam produk ikan makarel kalengan yang mengandung parasit cacing, saat tiba di Gedung Nusantara menjelang Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Kamis siang (29/3).
“Sterilitas itu yang harus dijaga,” tutur Menkes kepada majalahnurani.com.
STERIL
Pada kesempatan tersebut, Menkes menerangkan bahwa mengonsumsi makanan matang yang telah dimasak secara sempurna bisa menghindarkan kita dari risiko kesehatan. Karenanya, Menkes mengatakan bahwa makanan sebaiknya tidak dimakan mentah.
“Setahu saya itu (baca: ikan kalengan) kan enggak dimakan mentah, kita goreng lagi, ya cacingnya mati. Saya kira kalau udah dimasak kan jadi steril,”  imbuhnya.
Menkes menekankan agar masyarakat senantiasa bijak dalam memilih, mengolah serta menyajikan bahan makanan yang baik untuk keluarga.
Terkait pertanyaan mengenai laporan dampak kesehatan yang dialami masyarakat setelah mengonsumsi makanan ikan kaleng, hingga berita diturunkan, Menkes menyatakan belum ada laporan mengenai hal tersebut.
“Belum ada laporan,” tegasnya. 01/Bagus
Baca juga  Bahas Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, Mahfud MD Kumpulkan Kepala Daerah

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *