SMA Al Muslim Gandeng FKM Universitas Airlangga Cegah Virus Corona

Pada Jumat, 6 Maret 2020, lalu ditetapkannya dua warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona. Hal inilah yang membuat yayasan Al Muslim waspada terhadap keberadaan virus tersebut khususnya kepada civitas Al Muslim.

Sosialisasi

Agar tidak tertular virus corona tersebut SMA Al Muslim gandeng Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga mencegah virus corona dengan sosialisasi yang diberikan lansung oleh dosen-dosen FKM Unair kepada seluruh peserta didik SMA Al Muslim di Aula SMA Al Muslim.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh peserta didik SMA saja akan tapi juga diikuti oleh siswa TK, SMP, guru-guru, dan karyawan SMA Al Muslim turut serta dalam sosialisasi pentingnya pencegahan virus Corona.

“Kita semua sudah tahu bahwa virus corona sudah masuk di Indonesia bahkan telah diberitakan langsung oleh Pak Presiden ada 2 warga Indonesia yang terkena virus corona, maka dari itu penting untuk mencegah dan melindungi civitas Al Muslim melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari virus yang berbahaya ini,” tegas Mahmudah, S.Ag., M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Al Muslim kepada majalah nurani Indonesia Jumat (6/3/2020).

Dia juga menyampaikan penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan diri dari virus apapun terutama dengan pola hidup sehat.

“Maka dari itu, pola hidup sehat perlu ditanamkan sejak usia dini agar terbiasa dengan hidup sehat,” tegasnya.

Sosialisasi dilaksanakan langsung oleh dosen FKM Unair selama kurang lebih 1,5 jam diantaranya oleh Ibu Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., Ph.D., Ibu Putri Ayuni Alayyannur, S, KM., M.KKK, dan Bapak Hario Megatsari, S.KM., M.Kes.

Penyampaian yang diiringi dengan tanya jawab, game-game kecil, dan doorprize membuat sosialisasi pencegahan virus corona berjalan efektif dan siswa antusias untuk mendengarkan sosialisasi yang diberikan.

“Tidak perlu khawatir dengan virus corona tapi tetap harus waspada terhadap virus ini. Yang terpenting tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap melakuka aktivitas,” ujar Putri Ayuni Alayyanur, S.KM., M.KK.

Inovasi kesehatan

Selain itu, siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) juga memamerkan hasil produk inovasi kesehatan berupa Hand Sanitizer yang diberi nama HANSALIM (Hand Saitizer SMA Al Muslim) dan Hand Shoap yang diberinama HANSHOAPIM (Hand Shoap SMA Al Muslim) sebagai wujud kepedulian siswa SMA Al Muslim terhadap kebersihan dan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Tidak hanya sekedar dipamerkan, produk tersebut cara pembuatannya dipraktekkan dan digunakan oleh masing-masing kelas dan setiap ruangan di SMA Al Muslim.

“Ide ini berawal dari kegiatan SMA Al Muslim berbagi makanan gratis di beberapa rumah sakit daerah waru, kami melihat disetiap titik ada hand sanitizer yang digunakan untuk membersihkan tangan, akhirnya dari situ kelompok KIR kami berfikiran mencoba untuk membuat hand sanitizer dan hand shoap,” tambah Fikri siswa kelas X IPA anggota ekstrakurikuler KIR.

Banyaknya minat terhadap hand sanitizer setelah adanya virus corona membuat berkurangnya jumlah barang yang tersedia dan harga yang meningkat membuat kelompok KIR berupaya untuk memproduksi lebih banyak lagi hand sanitizer dan hand soap.

“Ini diletakkan di setiap ruangan agar setiap orang yang memasuki ruangan bisa menggunakannya dan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” tandasnya. 01/Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed