Press "Enter" to skip to content

Ingin Badan Kita Haram Tersentuh Neraka? Inilah Amalannya…..

Oleh
Drs H Nur Cahya Hadi, Direktur Majalah Nurani Indonesia

Bismillah…
Saudaraku, semua umat manusia termasuk umat Islam pasti ingin agar hidupnya selamat di dunia dan akhirat. Di dunia hidup bahagia dan sejahtera. Dan nanti pada saat menghadap Allah SWT kita juga bisa masuk surga dan terhindar dari adzab neraka.

Ada satu amalan, kalau kita lakukan terutama di bulan ramadhan ini, dampaknya akan luar bisa dalam kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Apa itu? Membaca Alquran, terutama pada saat kita sedang shalat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
“Siapa yang membaca Alquran, dimana ia membacanya pada waktu shalat di tengah malam dan siang hari, ia menghalalkan yang dihalalkannya dan mengharamkan yang diharamkannya, maka Allah haramkan daging dan darahnya terkena api neraka, dan akan menjadikannya teman pendamping para malaikat yang mulia dan baik, serta pada Hari Kiamat nanti Alquran akan menjadi hujjah (pembela) untuknya.” (HR. Thabrani)

Baca juga  Hapus Stigma Negatif Jenazah Corona, Tebuireng Minta Tokoh Agama Dilibatkan

MENGAMALKAN QURAN
Saudaraku, dalam hadis di atas, orang yang membaca Alquran dan mengamalkannya akan mendapat tiga keutamaan sekaligus.
Pertama, dia akan diharamkan daging dan darahnya tersentuh api neraka yang panasnya sangat dahsyat sekali. Dalam sebuah hadis dikatakan Rasulullah, siksa neraka yang paling ringan adalah kaki direndam di neraka, otak di kepalanya ikut mendidih. Nauzubillahi mindzalik…

Dalam setiap waktu, terutama pada saat setelah shalat, kita pasti berdoa. ‘Allahumma Inna Nas’aluka ridhoka waljannah, wana’udzubika min syakotika Wannar’ yang artinya Yaa Allah saya mohon ridhoMu dan SurgaMu dan saya minta dijauhkan dari MurkaMu dan api neraka.

Saudaraku, doa itu baru bisa terealisasi dengan jalan kita mau memperbanyak membaca Alquran terutama dalam shalat dan mengamalkannya. Semoga kita termasuk orang yang mendapat perlindungan dari Api neraka karena bacaan Alquran kita.

TEMAN YANG BAIK
Selain badannya diharamkan masuk neraka, pembaca Alquran juga akan diberi keutamaan diberi pendamping malaikat yang mulia dan baik. Pada saat hidup di dunia senantiasa terjaga, dan pada saat di alam barzah, sesaat setelah meninggal dunia juga akan ditemani malaikat yang baik. Sehingga pada saat di alam kubur, jenazah pembaca Alquran ini akan merasa tenang dan tidak takut kepada siapapun karena ada yang mendampingi selama masa penantian menuju hari kebangkitan.

Baca juga  Kemenag Siapkan 16 Asrama Haji untuk RS Covid-19

PEMBERI SYAFAAT
Keutamaan lain pembaca dan pengamal Alquran adalah nanti pada saat hari kiamat, Alquran akan menjadi pembela utama kepada pembaca dan pengamalnya selama di dunia. Pembela pada saat hari kiamat ini sangat dibutuhkan oleh kita semua. Karena pada hari kiamat, dimana kita semua antri dihisab di Padang Mahsyar yang di situ kondisinya sangat panas dan tidak ada naungan sama sekali. Maka pada saat itulah kita sangat butuh pelindung dan pembela. Digambarkan Rasulullah, saat di Padang Mahsyar, matahari sejengkal di atas kepala dan manusia bisa tenggelam karena keringatnya sendiri. Luar biasa beratnya pada saat itu. Dan pada saat kita membutuhkan nauangan itulah datang Alquran untuk memberi syafaat dan naungan pada pembacanya. Dalam hadis lain Rasulullah bersabda: “Bacalah Alquran, karena Alquran nanti datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat pada pembacanya”.

Baca juga  Gus Zakki, Ketua RMI PWNU Jatim Meninggal

Saudaraku, itulah kuncinya kalau kita ingin badan kita tidak tersentuh api neraka, tenang di alam barzah karena ditemani malaikat dan pada hari kiamat mendapat perlindungan dan safaat dari Alquran. Satu caranya yaitu membaca dan mengamalkan Alquran.
Semoga bermanfaat..

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *