Press "Enter" to skip to content

MUI Anjurkan Umat Islam Tak Perlu Salaman Saat Lebaran

Salah satu tradisi umat Islam Indonesia ketika hari Raya Idul Fitri yakni halal bihalal. Dimana di acara silaturahim ini satu sama lain bersalam-salaman dan meminta maaf.

Namun di tengah wabah virus Corona saat ini, Majalis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar tak dilakukan saat lebaran.

“Dianjurkan untuk tidak bersalam-salaman. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan berupa penyebaran dan penularan dari virus corona tersebut karena salah satu cara penyebaran virus ini yang paling efektif adalah melalui salaman,” tutur Sekjen MUI Anwar Abbas, Sabtu (16/5/2020).

RISIKO TINGGI

Selain itu, Anwar menganjurkan agar saat lebaran tidak berkunjung ke rumah warga. Menurutnya hal itu sangat berisiko tinggi.

Baca juga  Santri Gontor Positif Corona, Pakar Epidemiolog Sarankan Pesantren Ditutup

“Kita mengimbau umat dan masyarakat lebih mengedepankan usaha menjaga dan melindungi diri kita masing-masing supaya tidak jatuh ke dalam hal-hal yang akan membahayakan kepada kesehatan dan jiwa kita,” tegasnya.

Sebagai alternatifnya, urainya, agar umat Islam tetap dapat bisa menyambung tali silaturahim dan untuk bisa saling menyampaikan maaf, maka sebagai gantinya bisa dilakukan dengan telepon, SMS, WA, video call.

MENGANGGUK

Anwar mengakui bahwa memang ada sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Daud yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Bila ada dua orang Muslim yang bertemu, lalu mereka berjabat tangan maka dosa keduanya sudah diampuni sebelum mereka berpisah.”

Karena itu, bersalam-salaman dalam Islam merupakan sebuah perbuatan baik dan terpuji. Namun, syariat itu tentu saja tidak bisa dilakukan kepada semua orang kecuali hanya kepada orang-orang yang memang diperbolehkan oleh agama untuk bersentuhan dengannya. Termasuk juga saat ditengah wabah Corona.

Baca juga  Ulama Jatim, Habib Ahmad Zein Alkaff Berpulang

“Kalau dia bukan mahram, tentu kita tidak akan bersalaman dengannya, tapi dengan menggerakkan kedua tangan misalnya ke dada kita masing-masing sambil mengangguk,” tanda Anwar.01/ Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *