Press "Enter" to skip to content

Mahfud MD Larang Sholat Id di Masjid Atau di Lapangan

Menko Polhukam Mahfud MD mengakui bahwa hasil rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Selasa (19/5/2020) memutuskan agar masyarakat tidak melakukan salat Idul Fitri di masjid ataupun lapangan seperti kegiatan salat Idul Fitri sebelumnya.

Aturan itu, kata Mahfud, juga tertuang dalam Peraturan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Mahfud membenarkan bahwa di tengah masyarakat ini sekarang timbul diskusi. Apakah salat Id boleh dilakukan di masjid atau lapangan seperti yang sudah-sudah sebelum adanya COVID.

“Maka tadi kesimpulannya bahwa kegiatan keagamaan sifatnya masif, seperti salat berjamaah, atau salat Id di lapangan termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB,” lanjut Mahfud.

Baca juga  Kronologi Meninggalnya Ibu Hamil 8 Bulan bersama Janin Karena Corona

MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS

Masyarakat perlu memahami bahwa peraturan tersebut bukan untuk melarang ibadah shalat maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Melainkan menghindari penyebaran virus yang lebih luas. Karena itu, pemerintah pun meminta agar ketentuan tersebut tak dilanggar.

Pemerintah juga mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat adat untuk meyakinkan masyarakat agar tak melakukan kegiatan berkumpul seperti shalat berjamaah.

“Kerumunan shalat berjamaah itu termasuk bagian yang dilarang dari peraturan perundang-undangan, bukan karena solatnya itu sendiri, tetapi karena itu merupakan bagian dari upaya menghindari bencana. Covid 19 termasuk bencana non alam nasional,” tandas Mahfud. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *