Press "Enter" to skip to content

BMKG Jatim Prediksi Cuaca Ekstrim Selama Tiga Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Jawa Timur mengimbau hari warga waspada adanya banjir karena cuaca ekstrem.

Di pesisir pantai Jawa Timur pun sudah terjadi gelombang tinggi. Hujan deras hingga malam hari di wilayah Jatim juga belum reda. BMKG memprediksi ini akan terjadi selama tiga hari.

Mengutip instagram @bmkgmaritimjatim, Kamis (28/5/2020), akibat ada aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia dan pesisir selatan Jawa Timur berupa banjir rob pesisir antara lain di Pesisir Pacitan, Malang Selatan, Pesisir Blitar, Jember Selatan, dan Banyuwangi Selatan.

Prakirawan BMKG Tanjung Perak Surabaya, Arizal menuturkan, pasang air laut di Jawa hanya sekitar satu meter, tetapi gelombang di selatan Jawa Timur mencapai 4,8 meter.

Baca juga  Bertambah Lagi, Jombang dan 2 Kabupaten di Jatim Berstatus Zona Merah Corona

AIR PASANG

Hal inilah yang memicu air pasang sehingga menghempas ke area yang tak biasa. Banjir rob pun diperkirakan dapat terjadi dalam tiga hari ke depan terutama di pesisir selatan Jawa Timur.

“Ini dipicu pusat tekanan rendah di selatan wilayah Jawa, dan bergerak ke selatan Kupang, ke arah Australia, sehingga meningkatkan kecepatan angin dan gelombang,” tutur Rizal.

Riza juga mengimbau masyarakat terutama nelayan untuk waspadai gelombang laut tinggi di selatan Jawa Timur.

“Masyarakat, pegiat kegiatan di laut seperti nelayan di selatan Jawa Timur lebih waspada karena gelombang laut tinggi,” tandasnya.01/ Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *