Press "Enter" to skip to content

Jatim Raih Juara Lomba Inovasi New Normal Life

Di tengah tingginya kasus Corona (Covid-19), Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) meraih dua penghargaan dalam Lomba Inovasi New Normal Life yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam kategori provinsi, Jatim meraih Juara I sektor Pasar Modern dan Juara II sektor Tempat Wisata. Pemprov Jatim pun berhak atas hadiah Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 5 Miliar.

MASIH BERJUANG

Penghargaan itu diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Senin (22/6/2020).

“Alhamdulillah, prestasi ini untuk seluruh masyarakat Jatim yang sudah bahu membahu dan bergotong royong selama pandemi, khususnya para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 di Jatim,” kata Khofifah, melalui keterangan Senin malam (22/6/2020) .

Baca juga  Rumah Tangga Pusat Diklat Pembinaan Mental dan Spritual

Khofifah mengakui sampai saat ini Jatim masih berjuang memerangi penyebaran Covid-19. Tercatat kini tinggal 7 dari keseluruhan 38 Kabupaten/Kota di Jatim yang berstatus zona merah.

Tujuh daerah yang masih berstatus zona merah saat ini ialah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Situbondo.

Sedangkan untuk zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan Covid-19, meliputi Kabupaten Madiun, Kota Probolinggo, Bondowoso, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Ponorogo, Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Pacitan, dan Lumajang.

“Baru Kota Madiun yang berstatus hijau. Tapi saya optimistis keberhasilan Madiun semoga bisa diikuti oleh Kabupaten/Kota lainnya. Syaratnya cuma satu, disiplin mematuhi protokol Covid-19,” ujarnya.

Baca juga  Update Corona 12 Mei: Tambah 484, Positif Corona 14.749 Orang

PERBANYAK KAMPUNG TANGGUH

Khofifah mengatakan, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, pihaknya akan terus memperbanyak pembentukan kampung-kampung tangguh di seluruh Jatim. Kampung tangguh sendiri merupakan cara mendisiplinkan warga untuk penegakan protokol kesehatan di sektor terkecil, yakni lingkungan perkampungan.

“Saat ini kami berupaya terus menduplikasi keberadaan kampung-kampung tangguh di seluruh Kabupaten/Kota di Jatim. Insyaallah, ikhtiar ini akan mampu memutus mata rantai penularan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kemendagri menggelar lomba Inovasi New Normal Life bertajuk “Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19”. Lomba yang dimulai sejak Mei 2020 ini terbagi dalam empat kategori, yakni provinsi, kabupaten, kota, dan daerah tertinggal.

Ada tujuh sektor yang dilombakan, yakni kategori pasar tradisional, pasar modern/mal atau minimarket dan supermarket, hotel, restoran, tempat pariwisata, transportasi umum, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *