by

Kendalikan Corona Bisa, Tapi Mendagri Pesimis Indonesia Bisa Nol Kasus

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pesimis Indonesia bisa menekan penularan Covid-19 hingga nol kasus atau zero transmission.

Dia menyimpulkan hal itu dari pengalaman negara lain. Menurutnya, banyak negara yang mengklaim nol kasus Covid-19, namun warga negara mereka terbukti positif Covid-19 saat masuk Indonesia.

“Sulit rasanya kita bisa men-zero transmission, nol kasus. Bahkan, hampir tidak ada negara yang nol kasus,” kata Tito dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 yang disiarkan kanal Youtube Bappenas RI, Selasa (4/5/2021).

PENULARAN DI DAERAH

Namun demikian, Tito optimistis Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19. Dia meminta semua kepala daerah memastikan kurva penularan kasus di daerah masing-masing melandai.

Baca juga  Update Corona 17 Oktober 2021: Alhamdulillah, Kasus Baru 747 dan Kematian 19 Orang

Mantan Kapolri itu juga meminta kepala daerah memastikan angka kesembuhan terus naik. Dia ingin setiap daerah mencatat angka kesembuhan di atas rata-rata nasional, yaitu 91,3 persen.

Di saat yang sama, ia juga ingin angka kematian akibat Covid-19 terus menurun. Menurut Tito, saat ini tingkat kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 2,7 persen.

Tito pun berharap kepala daerah bisa menjaga tingkat keterisian rumah sakit (BOR). Dia menyebut saat ini rata-rata tingkat keterisian rumah sakit berada di angka 30 persen.

“Kalau kita belum bisa mengendalikan angka-angka ini, ekonomi akan sulit kita longgarkan, akan terjadi ledakan seperti di India,” tandas dia. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed