Press "Enter" to skip to content

Kendalikan Corona Bisa, Tapi Mendagri Pesimis Indonesia Bisa Nol Kasus

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pesimis Indonesia bisa menekan penularan Covid-19 hingga nol kasus atau zero transmission.

Dia menyimpulkan hal itu dari pengalaman negara lain. Menurutnya, banyak negara yang mengklaim nol kasus Covid-19, namun warga negara mereka terbukti positif Covid-19 saat masuk Indonesia.

“Sulit rasanya kita bisa men-zero transmission, nol kasus. Bahkan, hampir tidak ada negara yang nol kasus,” kata Tito dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 yang disiarkan kanal Youtube Bappenas RI, Selasa (4/5/2021).

PENULARAN DI DAERAH

Namun demikian, Tito optimistis Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19. Dia meminta semua kepala daerah memastikan kurva penularan kasus di daerah masing-masing melandai.

Baca juga  KPK Tangkap Gubernur Sulsel, Uang Miliaran Diamankan

Mantan Kapolri itu juga meminta kepala daerah memastikan angka kesembuhan terus naik. Dia ingin setiap daerah mencatat angka kesembuhan di atas rata-rata nasional, yaitu 91,3 persen.

Di saat yang sama, ia juga ingin angka kematian akibat Covid-19 terus menurun. Menurut Tito, saat ini tingkat kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 2,7 persen.

Tito pun berharap kepala daerah bisa menjaga tingkat keterisian rumah sakit (BOR). Dia menyebut saat ini rata-rata tingkat keterisian rumah sakit berada di angka 30 persen.

“Kalau kita belum bisa mengendalikan angka-angka ini, ekonomi akan sulit kita longgarkan, akan terjadi ledakan seperti di India,” tandas dia. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *