Press "Enter" to skip to content

Kasus Corona di India Tembus 20 Juta

Total kasus Covid-19 di India terus meningkat tajam. Dilaporkan AFP bahwa kini kasus Corona sudah menembus 20 juta pada Selasa (4/5/2021). Namun, pemerintah setempat mengklaim bahwa penularan kasus Covid-19 di India mulai menunjukkan tanda perlambatan.

AFP melaporkan bahwa total kasus ini didapatkan setelah Kementerian Kesehatan India melaporkan 357.229 infeksi corona dalam 24 jam belakangan. Dengan penambahan tersebut, total kasus Covid-19 di India mencapai 20,3 juta sejak tahun lalu.

Sementara itu, India juga melaporkan 3.449 orang meninggal akibat Covid-19 dalam 24 jam belakangan. Dengan demikian, India sudah melaporkan total 222.408 kasus kematian sejak pandemi merebak pada 2020.

Meski demikian, seorang pejabat senior Kemenkes India,Lav Aggarwal, mengatakan bahwa data terbaru ini menunjukkan tren penurunan penularan corona di India.

Baca juga  Update Corona 23 Desember 2020: Tambah 7.514, Total Corona 685.639 Kasus

Sejak akhir Maret lalu, India memang melaporkan lonjakan drastis kasus Covid-19 dengan delapan juta kasus hanya dalam waktu sekitar sebulan.

SEHARI 402 KASUS

Namun menurut Aggarwal, puncak penularan Covid-19 ini sudah terlewati pada Jumat pekan lalu, ketika India melaporkan 402 ribu kasus dalam sehari.

“Jika kasus harian dan kematian dianalisis, ada sinyal awal pergerakan menuju arah positif. Namun, ini baru sinyal awal. Masih diperlukan analisis lebih dalam dan upaya lebih jauh untuk memantau perkembangannya,” ucap Aggarwal dikutip AFP.

Sementara itu, para pakar juga menganggap kasus harian di India ini sebenarnya lebih tinggi dari yang dilaporkan pemerintah.

Pakar pun memperkirakan penularan kasus Covid-19 di India sebenarnya akan mencapai puncak pada 3-5 Mei ini. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *