by

Wamenkes Sebut 19 Kasus Mutasi Sars Cov-2 Sudah Menyebar

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebut, 19 dari 54 kasus mutasi Sars Cov-2yang ditemukan di Indonesia merupakan hasil transmisi atau penularan lokal.

“19 di antaranya tidak ada kontak dari [luar negeri ke] Indonesia. Artinya sudah ada penyebaran, kontaminasi lokal di Indonesia untuk variant of concern yang terjadi secara mutasi,” kata dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX di Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

DARI TIGA NEGARA

Dante menjelaskan variant of concern atau varian yang dikhawatirkan meliputi mutasi Sars Cov-2 dari Inggris B 1.1.7, mutasi dari Afrika Selatan B 1.351, dan mutasi dari India B 1.617.

Ia mengatakan total ada 54 kasus dari ketiga mutasi tersebut yang didapati di Indonesia, dan 35 kasus di antaranya datang dari individu yang datang atau kontak dari luar negeri.

Baca juga  Pemkot Surabaya Terima 106 Ribu Sasaran Vaksin Booster dari Pemprov Jatim, Prioritaskan untuk Lansia

Menurut Dante, kasus mutasi corona tersebut ditemukan di berbagai provinsi mulai dari Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Bali, DKI Jakarta hingga Kalimantan Selatan.

ANTISIPASI

Kasus tersebut didapati dari pemeriksaan sampel yang dilakukan di 17 laboratorium. Dante mengatakan pihaknya sudah memeriksa hingga 1.744 sampel di seluruh Indonesia.

“Setiap daerah wajib mengumpulkan 5-10 sampel setiap minggunya. Kemudian diperiksa [untuk mendeteksi mutasi]. Kemudian kita lihat berapa jumlah varian of concern. Dan dari data tersebut nanti dilakukan tracing,” tuturnya.

Pada kasus mutasi corona dari India, Dante mengatakan pihaknya menemukan tingkat penularan yang relatif lebih tinggi.

“Sangat penting mengantisipasi terhadap mutasi ini,” tegasnya. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed