Press "Enter" to skip to content

Dubes: 11 Negara Diizinkan Masuk Arab Tidak Terkait Haji dan Umrah

Ada penjelasan dari duta besar (Dubes) Arab Saudi tentang tidak masuknya Indonesia dalam daftar 11 negara yang diizinkan masuk Saudi arabia. Menurutnya Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althaghafi, membeberkan bahwa 11 negara itu tidak memiliki keterkaitan dengan perjalanan ibadah haji dan umroh.
“Beberapa waktu lalu penerbangan mengumumkan bahwa Arab Saudi mengizinkan 20 negara. Saya ingin menekankan, 11 negara yang diizinkan masuk ke Negara Arab Saudi,” ujar Esam saat ditemui di Kedubes Arab Saudi, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (3/6).

“Namun di sini saya ingin mengklarifikasi bahwa 11 negara tersebut tidak ada hubungannya dengan perjalanan haji dan umroh seperti yang beredar,” sambungnya.

Baca juga  Larangan Mudik Berlaku Mulai Besok, ini Kata Menaker

Esam menegaskan 11 negara yang diizinkan masuk ke Arab Saudi itu hanya mendapat izin untuk perjalanan bisnis dan lainnya. Esam menyebut perizinan itu sama sekali tidak berkaitan dengan izin haji.

“Sebelas negara-negara yang mendapatkan izin masuk adalah izin masuk perjalanan, atau tourism, atau perjalanan bisnis, atau untuk kepentingan lain. Saya tekankan kembali bahwa tidak ada hubungannya dengan perizinan perjalanan haji,” kata Esam.

Meski demikian, Esam berharap segala urusan haji dan umroh dapat segera berjalan seperti biasa. Dia mengatakan kementerian yang mengurus haji dan umroh belum diputuskan final.

“Kami berharap Allah SWT agar segala urusan haji dan umroh dapat dipermudah. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Menteri Haji dan Umroh terkait Arab Saudi akan membuka 60 ribu jamaah seperti yang beredar di masyarakat,” paparnya. (01)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *