by

Haji Batal, Kemenag Jatim Kembalikan Paspor Jamaah Bertahap

Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur mulai mengembalikan paspor ke jamaah secara bertahap. Pengembalian ini dilakukan setelah Menteri Agama Yaqut Cholil yang memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji tahun 2021.

Dra Hj Husnul Khatimah, Kasi Perlengkapan Akomodasi Haji Kanwil Kemenag Jatim

Dra Hj Husnul Khatimah, Kasi Perlengkapan Akomodasi Haji Kanwil Kemenag Jatim menyatakan, proses pengembalian paspor jamaah sudah hampir rampung.

“Jadi prosesnya sudah mau selesai. Begitu ada keputusan pembatalan penyelenggaraan haji tahun ini, maka kami pun mengembalikan paspor jamaah haji. Jika tahun ini berangkat haji, maka paspor digunakan untuk bisa. Tidak dikembalikan dulu,” tuturnya kepada majalahnurani.com, Rabu (30/6/2021).

Menurut Husnul, dua Kabupaten, Sumenep dan Pamekasan dalam waktu dekat ini juga akan diserahkan paspor jamaah.

Baca juga  Hadiri Peletakan Batu Pertama Islamic Center PERSIS, Kapolri Yakin Hasilkan SDM Berkualitas

Dalam penyerahan paspor haji, Husnul mengaku juga menyosialisasikan soal pembatalan haji 2021 ke masyarakat.

Menurutnya ini penting agar masyarakat bisa memahami kondisi saat ini. Dia mengakui bahwa pasca keputusan menteri agama yang membatalkan haji, banyak masyarakat yang masih belum paham.

“Jadi memang karena Arab yang belum membuka,” sambungnya.

JAMAAH MINTA UANG KEMBALI

Soal adanya jamaah haji Jawa Timur yang meminta uangnya kembali, Husnul membenarkan. Namun itu karena faktor ekonomi di masa pandemi.

“Jadi bukan karena kecewa dengan pemerintah yang membatalkan haji. Tapi mereka meminta uangnya karena butuh. Butuh untuk memenuhi kebutuhan saat pandemi,” tegasnya. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed