by

Survey IPO: Anies Dipuncak, Prabowo Merosot

Hasil survey terbaru yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki puncak dalam tingkat keterpilihan tokoh potensial pada Pilpres 2024.

Hasil sigi menunjukkan elektabilitas Anies berada di angka 18,7 persen, disusul Ganjar Pranowo 16,5 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 13,5 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 9,9 persen. Prabowo Subianto berada di posisi kelima dengan 7,8 persen, diikuti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 6,2 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 4,7 persen.
Peneliti Utama IPO, Catur Nugroho menyebut pergerakan elektabilitas ini menarik karena nama-nama yang sebelumnya masih di posisi atas, kini merosot. Menurutnya, elektabilitas tokoh di luar nama-nama dominan dipengaruhi beberapa faktor.
“Di antaranya karena adanya penurunan respon pada tokoh yang selama ini populer, semisal Prabowo Subianto yang semakin merosot, demikian halnya Ridwan Kamil yang ikut menurun,” paparnya Sabtu (14/8)
Temuan survei IPO ini menempatkan AHY sebagai tokoh paling signifikan alami peningkatan elektabilitas. Kondisi yang sama juga di alami Erick Thohir. “AHY sangat menonjol, survei April lalu di angka 7,1 persen, meningkat tajam ke 9,9 persen. Sementara Erick Tohir dari posisi 0,8 persen meningkat ke 4,7 persen,” pungkasnya. (01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed