by

Setelah Dua Tahun Vakum, Salat Id Kembali Digelar di Taman Surya Balai Kota

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kembali menggelar pelaksanaan Salat Idul Fitri, atau Salat Id berjamaah pada 1 Syawal 1443 H, di Taman Surya Balai Kota. Ini setelah dua tahun sebelumnya, Salat Id di Taman Surya ditiadakan, karena dampak dari situasi pandemi Covid-19.

Kepastian digelarnya kembali Salat Idul Fitri 1443 H tersebut, disampaikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Arief Boediarto, Kamis (28/4).

Meski demikian, Arief menerangkan, bahwa pelaksanaan Salat Id di Taman Surya, tetap menunggu pengumuman, atau keputusan dari pemerintah pusat berdasarkan sidang isbat.

“Untuk pelaksanaannya kita mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Semoga tidak ada perbedaan waktu pelaksanaan antara NU dan Muhammadiyah,” kata Arief.

Baca juga  Pemkot Surabaya Siapkan Skema Pembangunan Rumah Sakit Gunung Anyar

Saat ini, pihaknya mulai menyiapkan sejumlah kebutuhan, untuk pelaksanaan Salat Id di Taman Surya Balai Kota. Termasuk, berkoordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait mengenai pengawasan dan pengamanan, selama pelaksanaan Salat Id.

“Karena ini kan Salat Id pertama di Taman Surya, usai dua tahun vakum. Kita juga sudah minta bantuan pengamanan teman-teman Satpol PP, BPBD, Bakesbangpol, maupun Dinas Kesehatan. Semoga berjalan dengan lancar,” terang dia.

Bahkan, Arif menyebut, pada hari Minggu, 1 Mei 2022, pihaknya bersama Kanwil Kemenag Jawa Timur, bakal menentukan arah kiblat. Termasuk pula, pembuatan Saf Salat di Taman Surya Balai Kota. “Jadi, hari Minggu kita mulai melaksanakan penentuan arah kiblat dan membuat Saf Salat,” ujarnya.

Baca juga  Rujak Uleg Digelar Malam Hari, Jadi Momentum Hidupkan Kota Tua di Surabaya Utara

Karena pelaksanaan Salat Id di Taman Surya sempat vakum dua tahun, tentu saja pemkot telah mengantisipasi, sejumlah kemungkinan tingginya antusiasme warga yang datang.

Karenanya, Arief menyatakan, bahwa Jalan Yos Sudarso Surabaya bakal menjadi alternatif, apabila Taman Surya Balai Kota, melebihi kapasitas jemaah.

“Apabila tidak cukup, kita tarik ke Jalan Yos Sudarso. Tapi itu hanya rencana cadangan. Kalau di Taman Surya masih cukup, Alhamdulillah. Yang terpenting kita tetap menjaga protokol kesehatan,” tuturnya.

Tak lupa, Arief juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga yang berencana melaksanakan Salat Id di Taman Surya agar tetap memperhatikan prokes dan keamanan diri serta lingkungan. Utamanya, bagi para setiap orang tua, yang datang bersama anak-anaknya.

Baca juga  Wali Kota Eri Cahyadi Sinkronisasi Penanganan Banjir dengan Masa Kepemimpinan Sebelumnya

“Bagi yang keluarga atau para orang tua, anak-anaknya tolong dijaga agar tidak jalan sendiri. Rencananya, Pak Wali Kota (Eri Cahyadi), Insyaa Allah juga Salat Id di Taman Surya,” pungkasnya. (yunus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed