Antusias Warga Mojokerto Gelar Tasyakuran HUT RI dengan Makan Bersama Sepanjang 777 Meter

Cara unik dilakukan atusan warga Dusun Wunut Desa Sampangagung Kecamatan Kutorejo kabupaten Mojokerto dalam malam tasyakuran merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 77, Selasa Malam (16/8/2022). Yakni dengan makan bersama di atas daun pisang sepanjang 777 meter.

Warga kompak menyiapkan ratusan lembar daun pisang yang ditata sedemikian rapi, membentang di kampung itu, telah menambah keunikan kegiatan tersebut. Antuasias ribuan warga, mulai dari anak-anak sampai orang tua tumpah ruah di jalan utama kampung, sekaligus untuk merayakan HUT RI ke 77.

Susilo Kepala Dusun Wunut Desa Sampangagung mengatakan, disamping untuk merayakan malam HUT RI ke 77, kegiatan makan bersama diatas daun pisang ini, juga merupakan tradisi zaman nenek moyang kita, kearifan lokal ini sudah menjadi kebiasaan dri tempoe dulu,yaitu makan bersama diatas daun pisang. Seperti halnya, mengingatkan kembali terhadap para pahlawan yang telah berjasa dengan berjuang dalam merebut memerdekakan NKRI.

Baca juga  LDII Jatim Gelar Silaturahim Syawal dan Tausiyah Kebangsaan
Guyup, warga dusun wunut, desa Sampangagung, kutirejo Mojokerto tasyakuran malam HUT RI

“Setiap tahun, saat merayakan HUT RI, semua warga disini sangat kompak. Termasuk di acara makan bersama ini, masing masing warga dengan rela membawa sendiri makanan dengan berbagai menu. Diatas daun pisang yang membentang sepanjang meter, semua berbagai menu makanan ditaruh diatas daun pisang. Setelah, sedikit sambutan tentang peringatan agustusan, lalu berdoa dan selanjutnya, semua warga menikmati berbagai menu makanan diatas daun pisang itu,” ucap Kadus Susilo.

Nisa salah satu warga yang ikut makan bersama, mengaku sangat senang dengan adanya makan bersama diatas daun pisang. Dia bersama warga lainnya, sangat terasa hikmat dari kemerdekaan. “Saya, bersama semua keluarga saya juga hadir dan ikut makan bersama. Bisa menjalin tali sulaturrahim sesama warga. Dan terciptanya kerukunan di kampung ini,” katanya.
Teks foto ” Saat, ribuan warga makan bersama diatas daun pisang sepanjang 777 meter. Angka 777 mengandung makna peringatan HUT RI yang sudah berumur 77 tahun. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed