LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Kedokteran di UNESA

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) Indonesia berkunjung ke Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk melakukan visitasi prodi Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran (FK) pada pekan lalu. Visitasi ini terdiri dari beberapa sesi kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Lantai 9, FK, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.

Tim asesor terdiri dari beberapa jajaran yang diketuai dr. Insan Sosiawan A. Tunru, Ph.D. Dia hadir bersama asesor I LAM-PTKes Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD-KOH FINASIM dan asesor II LAM-PTKes Dr. dr. Eti Poncorini Pamungkasari, M.Pd., Selain itu, juga ada perwakilan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Dr. dr. H. Nasrudin AM Sp. OG (K), MARS, M.Sc; Ketua Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dr. Mariatul Fadilah, MARS., Ph.D; dan Dr. Ina Rosalina, dr., SpA(K)., M.Kes., M.kes. sebagai perwakilan dari Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI).

Baca juga  Dispendik Surabaya Gencarkan Pembekalan Guru Siswa Inklusi

Mereka disambut rektor UNESA beserta jajaran dan seluruh jajaran FK. Mewakili Pemkot Surabaya, drg. Febria Rachmanita, MA., mengatakan sebagaimana tekad Pemkot Surabaya dalam menggagas konsep ‘altruisme’. Surabaya mempunyai potensi yang sangat besar di bidang kesehatan. Rencananya pemkot Surabaya bakal mensinergikan pelayanan kesehatan dan pelayanan kependudukan lainnya seperti hotel dan pusat perbelanjaan.

“Sehingga perputaran ekonomi di Surabaya semakin meningkat. Berkaitan dengan visitasi ini sebagai jalan untuk memastikan dan memantapkan FK UNESA sebagai jalan untuk meningkatkan kualitas tenaga medis dan kualitas kesehatan masyarakat di Surabaya dan Jatim pada umumnya,” ujarnya.

Setelah melakukan diskusi seputar prodi Pendidikan Kedokteran, tim visitasi kemudian melakukan peninjauan langsung ke berbagai sarana dan prasarana atau fasilitas yang ada di FK. Tidak hanya itu, tinjauan juga dilakukan pada fasilitas kesehatan mitra UNESA seperti beberapa puskesmas dan rumah sakit yang ada di Surabaya. Kedatangan tim asesor ini bertujuan untuk memastikan kesiapan UNESA dalam membuka program Pendidikan Dokter.

Baca juga  Yayasan Masjid Raudlatul Jannah Beri Reward 10 Umrah ke Guru dan Pegawai Sekolah

Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan banyak persiapan untuk mewujudkan Fakultas Kedokteran. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses kami untuk pendirian FK. Semoga semua bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya. Acara visitasi ini juga turut dihadiri Majelis Wali Amanat (MWA), Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi, Publikasi, dan Pemeringkatan Universitas, Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof. Dr. Siti Nur Azizah, S.H., M.Hum., Dosen Fakultas Kedokteran dan tamu undangan lainnya. (Foto: Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed