Pangdam Brawijaya Hadiri Apel Persiapan Latgab TNI 2023

Untuk memastikan kesiapan seluruh matra TNI menjelang pelaksanaan Latihan Gabungan atau Latgab TNI 2023 di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Bondowoso, seluruh Komandan Satuan mulai memantau kesiapan masing-masing prajurit. Pengecekan kesiapan itu kali ini digelar oleh pihak Koarmada II/Surabaya. Pelaksanaan apel gelar itu dipimpin langsung oleh Pangkogabwilhan II, Marsdya TNI Andyawan Martono.

Berkaitan dengan apel gelar tersebut, Marsdya TNI Andyawan Martono selaku Direktur Latihan pada Latgab TNI 2023 di wilayah Kogabwilhan II mengatakan, tujuan digelarnya Latgab mendatang ialah untuk menguji kemampuan prajurit berkaitan dengan profesinalisme prajurit.

“Kita terakhir melaksanakan Latgab adalah 2018. Hampir 5 tahun kita tidak melaksanakan latihan labungan. Kebijakan bapak Panglima TNI adalah, di tahun ini kita kembali melakukan latihan gabungan,” kata Marsdya TNI Andi, Kamis (27/7).

Sekedar informasi, pada pelaksanaan Latgab TNI 2023 Mayjen Farid Makruf ditunjuk oleh Panglima TNI sebagai Panglima Komando Tugas Darat Gabungan atau Pangkogasratgab. Pangkogasratgab sendiri, memiliki tugas memimpin seluruh pasukan matra darat yang melakukan serangan darat ke wilayah musuh.

Bahkan, beberapa waktu lalu Jenderal bintang dua TNI-AD itu memimpin langsung latihan penembakan senjata berat yang melibatkan Yonarmed 8/UY dan Yonkav 3/AC. Pangdam mengungkapkan jika dirinya sangat senang dilibatkan dalam latihan tersebut. Pasalnya, Mayjen Farid mengungkapkan jika baru pertama kali unsur pimpinan Kodam V/Brawijaya terlibat langsung dalam Latgab TNI mendatang.

“Dan istimewanya lagi, Latgab TNI 2023 mendatang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, dan melibatkan seluruh unsur pimpinan masing-masing Satuan tanpa diwakilkan,” ungkap Pangdam. (Bg, foto: Kodam V/Brawijaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed