Tanamkan Cinta Budaya, Ratusan Siswa SD Muhammadiyah 24 Antusias Membatik

Ratusan siswa Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya antusias membatik pada Senin (2/10). Kegiatan itu dalam rangka merayakan hari batik nasional yang diperingati tiap 2 Oktober. Seperti halnya Rendra, siswa kelas 1, nampak bersemangat ingin belajar batik. Kala itu dia bersama Kais, teman sebangkunya, fokus menyimak penjelasan Bunda Hasani, nara sumber dari Rumah Batik Bulak Banteng Jawa Timur yang dihadirkan pihak sekolah. “Ini mau belajar batik sama Bunda Sani,” ungkap Kais sambil menunjukkan kain selebar sapu tangan dan peralatannya.

Emili kelas 6, juga terlihat cekatan membatik dengan teknik ikatan silang. Kain putih selebar taplak meja ini diikat menyilang. Setelah itu, dia dibantu teman satu kelompoknya menyelupkan ke ember berisi air. “Jadi prosesnya dicelupkan dulu baru water glass diisi cat warna. Kemudian catnya dimasukkan botol dengan tutup yang sudah dilubangi,” cerita dia menunjukkan proses membatik ikat celup.

Baca juga  Keseruan Meet And Greet Sekolah Karakter, Hadirkan Pembicara Asal Belanda

Kepala Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Ustazah Norma Setyaningrum menjelaskan, kegiatan membatik massal di peringatan Hari Batik Nasional bertujuan memberikan wawasan ke siswa. Mulai sejarah batik, macam-macamnya batik, kemudian cara membuat batik. “Siswa membatik dengan metode jumput celup,” ujar Ustazah Norma.

Pihak sekolah berharap siswa memiliki rasa bangga terhadap warisan budaya Indonesia seperti batik. “Kita berharap semoga kelak anak-anak ada juga yang menjadi pengusaha batik,” sambungnya.

Untuk itu, tegas Ustazah Norma, penanaman karakter cinta Tanah Air harus sejak dini dilakukan.  “Karakter cinta pada warisan budaya dan juga karakter kreatif dan tangguh juga harus dimilik,” tandasnya. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Baca juga  Yayasan Al Muslim Sidoarjo Rayakan Milad ke-37

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed