Peneliti SSC: Mahfud MD Bisa Dongkrak Elektoral Ganjar

Menko Polhukam Mahfud MD resmi menjadi bakal calon wakil presiden  mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. “Bismillahirrahmanirrahim,maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak MahfudMD,” kata Megawati dalam siaran pers Rabu (18/10).

Sementara peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdus Salam, mengaku Mahfud MD bisa mendongkrak elektoral Ganjar di kalangan milenial dan Nahdliyin, khususnya di wilayah Jawa Timur. “Pak Mahfud dengan segenap integritas, pengalaman, dan ketokohannya bisa memperkuat Ganjar dan sesuai kebutuhan saat ini,” ujarnya.

Keputusan Megawati  memilih Mohammad Mahfud Mahmodin (Mahfud MD) sebagai bakal calon wakil presiden pendamping bakal calon presiden Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 merupakan keputusan yang tepat. “Mahfud MD punya pengalaman yang relatif lengkap baik di legislatif, eksekutif maupun yudikatif. Beliau tokoh Nahdliyin yang tidak diragukan lagi loyalitasnya kepada Gus Dur. Sikapnya sederhana, lugas, tegas, dan apa adanya relatif disukai pemilih milenial,” lanjut Surokim.

Baca juga  Update Real Count KPU Data 67% : Prabowo-Gibran 57.91%

Ia mengatakan selain karena potensi elektoral yang bisa menambal kekurangan Ganjar, Mahfud MD dipilih karena ketokohannya. Menurutnya, potensi elektoral berkat ketokohan Mahfud MD menjadi pertimbangan PDIP memilih Mahfud MD. “Pertarungan di Jatim tetap akan sengit dan menentukan. Namun jika cermat mengamati data ‘swing voters’ dan ‘undecided voters’ pemilih Jatim masih tinggi. Masih di atas 30 persen pemilih yang belum ‘fix’ menentukan pilihan sejauh ini. Pak Mahfud tentu diharapkan bisa menguatkan ceruk pemilih Nahdliyin di segmen itu. Apalagi Jatim ini juga basis dan Pak Mahfud punya ikatan langsung dengan kultur Nahdliyin, wabil-khusus pendukung Gus Dur,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed