Pemkot Surabaya Raih 4 Penghargaan Tingkat Jatim dan Nasional

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kembali menorehkan prestasi. Dalam kurun waktu kurang dari satu pekan, Pemkot Surabaya menerima empat penghargaan sekaligus. Empat penghargaan tersebut, terdiri dari 1 tingkat provinsi dan 3 jenjang nasional.

Penghargaan pertama diberikan, oleh Pemerintah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Penghargaan kategori ‘Kepala Daerah Paling Peduli Nelayan’ tersebut, diberikan dalam acara di Taman Hiburan Pantai (THP), Kenjeran Surabaya pada Senin (11/12).

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi, atas komitmen pemkot dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, di Kota Pahlawan.

“Alhamdulillah, Pemkot Surabaya kembali menerima penghargaan, dari Pemprov Jatim. Ini merupakan bentuk apresiasi, atas kerja keras semua jajaran dalam mensejahterakan para nelayan,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, Jumat (15/12).

Selain dari Pemprov Jatim, pemkot juga menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan bertajuk ‘Anugerah Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023’ diserahkan oleh Kemendagri, dalam acara yang dihelat di Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Baca juga  Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Wali Kota Eri menegaskan, bahwa semua pelayanan yang dilakukan Pemkot Surabaya, tujuan utamanya bukan untuk penghargaan. Tetapi tujuan utama pelayanan tersebut, adalah untuk mensejahterakan, warga Kota Surabaya.

“Semua pelayanan di Kota Surabaya, kita lakukan dengan digitalisasi. Semua informasi dan semua yang dikerjakan, sudah kita lakukan bersama masyarakat, mulai RT/RW di Surabaya, bisa melihat jumlah stunting, kemiskinan, hingga pengangguran, di kampungnya masing-masing,” ujar dia.

IGA 2023 merupakan penghargaan yang diberikan, kepada pemerintah daerah yang berhasil melakukan inovasi, dalam pelayanan publik. Pemkot Surabaya berhasil meraih penghargaan tersebut, dalam kategori ‘Kota Sangat Inovatif’.

Kemudian yang ketiga, Pemkot Surabaya meraih penghargaan ‘Pemerintah Daerah dengan Layanan Call Center (CC) 112 Terbaik 2023’. Penghargaan ini diberikan, oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bidang Penyelenggaraan Pos dan Informatika, di Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Baca juga  Wali Kota Surabaya Ungkap Peran Penting KSH Mengentas Kemiskinan

Penghargaan itu diberikan atas kinerja layanan Call Center 112 Pemkot Surabaya, yang dinilai sangat baik. Wali Kota Eri menyebut, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi, atas kerja keras seluruh petugas CC 112 dalam melayani masyarakat, khususnya di bidang kedaruratan.

“Layanan Command Center 112, telah membawa dampak positif dalam meningkatkan keamanan dan kesejahteraan, masyarakat Kota Surabaya,” jelas Wali Kota Eri.

CC 112 Pemkot Surabaya merupakan layanan 24 jam, yang dapat dihubungi oleh masyarakat, untuk melaporkan berbagai kejadian darurat, seperti kebakaran, kecelakaan, hingga tindak kriminal.

Sementara yang keempat, pemkot meraih anugerah predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik), Tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia (RI). Penghargaan ini diterima pemkot, dalam acara yang digelar Ombudsman RI di Jakarta, Kamis (14/12).

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen Pemkot Surabaya, dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Penghargaan ini sekaligus menjadi wujud apresiasi, atas kerja keras seluruh jajaran pemkot, dalam memberikan pelayanan terbaik, kepada masyarakat.

Baca juga  Indonesia Darurat Judi Online, Tahun 2023 Perputaran Uang Rp 327 Triliun

“Hasil penilaian Ombudsman RI, terhadap kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya, pada tahun 2023 di angka 97,49 (zona hijau), atau dengan kategori kualitas tertinggi,” ungkapnya.

Wali Kota Eri berharap, empat penghargaan yang baru diterima ini, dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran pemkot, untuk terus bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik, kepada masyarakat.

“Semua penghargaan ini kami dedikasikan untuk warga Kota Surabaya. Karena membangun kota tidak bisa sendiri, tapi butuh sinergi dengan semua stakeholder yang ada, Insyaa Allah akan membawa kebahagiaan, bagi warga Kota Surabaya,” tutupnya. (yunus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed