Pengungsi Rohingya Makin Membludak, Masyarakat Terus Menolak

Tempat penampungan sementara untuk pengungsi Rohingya di Indonesia saat ini sudah penuh. Ini terjadi lantaran terus membludaknya jumlah pengungsi Rohingya yang bersuaka ke Indonesia.

“Tempat penampungan yang disediakan oleh pemerintah di berbagai tempat itu sudah penuh karena bertambah terus Rohingya bertambah, bertambah,” kata Menko Polhukam Mahfud MD Rabu (20/12).

Kini pemerintah tengah mencari lokasi penampungan untuk jangka waktu menengah dan membahas mengenai pembiayaan. Mahfud mengungkap dugaan adanya mafia tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di balik terus bertambahnya pengungsi Rohingya.

Ia mengatakan ada pihak yang dengan sengaja menjadikan Indonesia sebagai tempat transit pengungsi Rohingya sebelum berlabuh ke negara tujuan untuk menjadi pekerja ilegal.

Baca juga  Donald Trump Ditembak Saat Kampanye

“Ada mafia TPPO-nya yang kemarin sudah ditangkap. Jadi mereka sengaja ngajak kesini nanti dikirim kemana-mana, itu untuk jadi pekerja ilegal, menjadi apa gitu dilarikan dulu ke Indonesia,” ujarnya.

Mereka memilih Indonesia sebagai tempat transit karena masyarakatnya dikenal ramah, sehingga yakin bakal diterima dengan baik.

“Karena tahu orang Indonesia baik-baik jadi penampungan sudah penuh sekarang meskipun baik masyarakat lokalnya seperti Aceh itu menolak, sehingga kita tidak bangunkan lagi di sana tapi pasti demi kemanusiaan ditolong,” tandasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed