Saudi Airlines Berencana Luncurkan Taksi Terbang Haji

Saudi Arabia (Saudia) Airlines berencana mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jamaah haji antara Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah dan hotel di Makkah. Rencananya Saudia Airlines akan membeli sekitar 100 taksi terbang untuk mengoperasikan layanan tersebut.

“Maskapai penerbangan nasional Saudi sedang membuat persiapan untuk menggunakan taksi udara sebagai moda transportasi baru selama musim haji,” kata Abdullah Al-Shahrani, Direktur Komunikasi Korporat Saudia Group, dilansir Saudi Gazette.

Dia mengatakan bahwa Grup Saudia telah mengontrak pembelian 100 jet Lilium, pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik Jerman (eVTOL), untuk antar-jemput antara bandara Jeddah dan landasan udara di hotel-hotel Makkah dekat Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lainnya. “Pesawat listrik Lilium merupakan salah satu pesawat pertama yang beroperasi sepenuhnya dengan tenaga listrik,” ungkap Al-Shahrani

Baca juga  PCNU Surabaya Silaturahim ke Muassis NU

“Setelah menyelesaikan pengaturan yang diperlukan, pesawat-pesawat ini akan terbang bersama para tamu Allah selama musim haji dan umrah dari Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah ke landasan udara di hotel-hotel dekat Masjidil Haram di Makkah,” katanya.

Al-Shahrani mencatat, taksi terbang mampu mengangkut empat hingga enam penumpang. “Pesawat Lilium memiliki ciri tingkat emisi karbon yang rendah dan merupakan pesawat ramah lingkungan, sehingga menjadikannya salah satu kemungkinan untuk menunjang perjalanan udara dan mempersingkat Saudia akan mengoperasikan taksi terbang untuk mengangkut jamaah antara Jeddah dan Makkah,” jelasnya. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed