BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Hujan Lebat dan Petir di Jawa Timur Hingga 23 Januari 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis waspada cuaca ekstrem di Jawa Timur pada periode 17-23 Januari 2024.

Dalam rilis di akun X @BMKGjuanda, disebutkan sejumlah wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es berpotensi terjadi di beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Banyuwangi, Kota Batu, Kota Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Jombang, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Lamongan, Lumajang, Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, dan Kota Pasuruan.

Selain itu potensi bencana hidrometerologi juga terjadi di Sidoarjo, Kota Probolinggo, Sumenep, Surabaya, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan, Bangkalan, Gresik, Jember, Madiun, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Ponorogo, Situbondo, Tuban, Kabupaten Sampang dan Kota Madiun.

Baca juga  Pemkot Mojokerto Beri Layanan Tera dan Cek BDKT Gratis

“Saat ini sebagian wilayah Jawa Timur telah memasuki puncak musim hujan. Kondisi atmosfer menujukkan suhu muka laut di sekitar wilayah perairan di Jawa Timur yang mengindikasikan pasokan uap air cukup signifikan,” ujar Taufiq Hermawan Kepala BMKG Juanda, Rabu (17/1/2024).

Hal tersebut didukung terbentuknya pola pertemuan angin di sekitar wilayah Jawa Timur yang mendukung peningkatan pertumbuhan awan hujan hingga sepekan ke depan diperkirakan cukup intens.
“BMKG Juanda mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa mewaspadai terhadap potensi hujan sedangn hingga hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan,” pungkasnya. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed