PD Aisyiyah Surabaya Gelar Baitul Arqam, Tingkatkan Kualitas Kader

Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Surabaya menggelar Baitul Arqom pada Sabtu (20/1) di Asrama Haji Surabaya. Ada 83 peserta yang mengikuti Baitul Arqom selama dua hari, Sabtu hingga Ahad besok. Bertema Implementasi Kepemimpinan Profetik, Baitul Arqom bertujuan mewujudkan dan meningkatkan kualitas para kader dan pimpinan.

“Yang memiliki integritas, komitmen, militansi, ghirrah, solidaritas/ukhuwah, daya juang, wawasan dan profesionalitas berbasis ideologi Gerakan yang menjiwai seluruh perilaku seorang pimpinan,” tutur Kasiati SPd selaku Ketua Pelaksana Baitul Arqom diwawancarai majalahnurani.com.

Sementara Ketua PD Aisyiyah Surabaya Hj Alifah Hikmawati menjelaskan bahwa ada tantangan berat bagi ‘Aisyiyah di abad ke dua ini. Antara lain militansi kader yang bukan hanya berfungsi sebagai motor penggerak organisasi saja, akan tetapi sebagai fasilitator  masyarakat dan bangsa. Yang mana mengemban amanah untuk memberikan pencerahan bagi umat dalam menghadapi problematika kehidupan yang semakin kompleks.

Baca juga  245 Titik Banjir di Surabaya Segera Dituntaskan

“Upaya perkaderan tersebut bukan hanya sebatas dalam ritual kegiatan perkaderan yang terstruktur dalam pola pola yang baku, akan tetapi dibutuhkan internalisasi jiwa kepemimpinan transformative yang akan memcetak pemimpin organisasi dan masyarakat yang pionir dan menggerakkan.

Menurut Alifah, fungsi dan posisi kader dalam suatu organisasi, termasuk di Persyarikatan, menjadi sangat penting. Karena kader dapat dikatakan sebagai inti pergerakan organisasi. Di samping itu, kader juga merupakan syarat penting bagi berlangsungnya regenerasi kepemimpinan.

Bagi sebuah organisasi, regenerasi kepemimpinan yang sehat karena ditopang oleh keberadaan kader-kader yang qualified. Selain akan menjadikan organisasi bergerak dinamis, juga formasi kepemimpinannya akan segar dan enerjik. Keberadaan kader bagi Muhammadiyah dengan kualifikasi dan kompetensinya seolah memanifestasikan sosok ciptaan Allah yang terbaik.

Baca juga  Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran Seleksi Paskibraka Tahun 2024

“Baitul Arqam merupakan kegiatan perkaderan utama, dimana konsep tersebut merupakan upaya strategis untuk menjawab problema perkaderan baik kualitas maupun kuantitas kader, mencetak kader ‘Aisyiyah yang mempunyai karakter diatas,” tegasnya. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed