Hotel Yello Gelar Creative Workshop, Bikin Lilin dari Jelantah

Hotel Yello Jemursari Surabaya menggelar Creative Workshop pada Kamis (25/1). Siang itu sekitar 15 staf Yello terlibat membuat lilin dari minyak jelantah. Creative workshop ini menghadirkan narasumber dari Komunitas Nol Sampah.

Elgar Gumilang, brand and marketing manager Hotel Yello mengaku bahwa kegiatan itu merupakan program rutin ascott cares. “Dalam merayakan enviromental education day yang berhubungan lingkungan,” ungkapnya diwawancarai majalahnurani.com.

Workshop tersebut, katanya, hasil inisiasi hotel yang mengajak komunitas Nol Sampah. Siang itu seluruh staf diajari cara membuat lilin dari jelantah. Mulai-mula bekas lilin yang tidak terpakai dalam wadah dikerok. Sehingga sisa lilinnya masih ada. Kemudian sisa lilin digodok hingga meleleh menjadi minyak jelantah. Barulah dituang ke wadah gelas kecil dan diberi aroma terapi.

Baca juga  Iftar Ramadan MaxOne Hotel, Yuk Cicipi Menu Timur Tengah dan Nusantaranya

“Baru lilinnya bisa kembali digunakan dan aromanya kembali wangi,” sambung Elgar.

Dia mengaku bahwa Hotel Yello sudah menerapkan Recycle dan Reduce. Seperti sebelumnya merecycle urung bantal yang disulap jadi laundry bag.

“Kemudian planting mangrove, go green. Apa yang bisa kita olah, ya akan kita oleh dan kita gunakan untuk kebutuhan yang lain,” terangnya.

Materi workshop langsung disampaikan Hanie Ismail dari Komunitas Nol Sampah. Hanie mengajak staf hotel agar peduli menjaga kebersihan lingkungan. Seperti halnya mengurangi pemakaian plastik sampah yang tidak bisa di daur ulang.

“Kemudian popok sekali pakai atau sedotan plastik dan stereofoam. Selain tidak bisa didaur ulang, seperti stereofoam juga berbahaya untuk kesehatan tubuh,” tegasnya. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed