PCNU Surabaya Imbau Umat Hargai Beda Pilihan di Pemilu 2024

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya mengajak seluruh masyarakat kota Surabaya mewujudkan suasana damai, adem ayem, dalam coblosan Pemilu 2024. Pemilu merupakan perintah konstitusi. Tercantum dalam UUD pasal 22E ayat (2), dinyatakan, “Pemilihan Umum diselenggarakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.”

Dijelaskan, sesuai amanat UUD pasal 22E ayat (1), Pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali. “Sudah rutin diselenggarakan setiap lima tahun. Sehingga harus disikapi sebagai hajatan yang rutin, menjadi kebiasaan yang tidak perlu mengagetkan,” kata Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surabaya, KH Umarsyah kepada majalahnurani.com, Senin (12/2).

Baca juga  Puluhan Siswa TK di Jatim Meriahkan Tarhib Ramadan yang Diadakan Baznas

Karena itu Pemilu seharusnya berjalan dan berproses wajar-wajar saja, dan dihadapi wajar pula. Menurut KH Umarsyah, perbedaan pilihan merupakan keniscayaan. “Perbedaan itu fitrah manusia. Termasuk perbedaan bahasa, perbedaan warna kulit. Sama seperti perbedaan keyakinan, ada perbedaan dalam pilihan politik,” jelasnya.

Tetapi perbedaan dalam pilihan politik, lanjut KH Umarsyah, juga tergolong biasa-biasa saja. Bahkan budaya di pondok pesantren NU, sering terjadi perbedaan dalam menentukan status hukum. “Dalam bahtsul masail, dan berbagai halaqah, perbedaan itu biasa, selalu ada tasamuh (saling menghargai),” tambah KH. Umarsyah.

Menurutnya  tidak pernah terjadi perbedaan berlangsung selamanya. Selalu ada waktu akhir. Kalau sudah ditemukan dasar hukum yang diakui lebih kuat, maka wajib disepakati. “Ketika sudah dicapai kesepakatan, maka perbedaan itu harus diakhiri,” pungkasnya.

Baca juga  Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Warga Tidak Panic Buying, ada Pasar Murah

Tak lupa dinyatakan bahwa politik bagi Nahdliyin, merupakan paradigma ber-kebangsa-an. Wujud dari kemerdekaan untuk mewujudkan kemaslahatan seluruh umat. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed