by

Siswa Al Muslim Shalat Ghaib, dan Galang Dana Gempa Lombok

Puluhan siswa Al Muslim tingkat SD, SMP, dan SMA melakukan aksi peduli bencana gempa Lombok dengan simulasi tanggap bencana, shalat ghaib dan menggalang dana pada Rabu (8/8/2018).

PEMBELAJARAN LEADERSHIP

Tujuan diadakannya kegiatan ini merupakan bentuk implementasi pembelajaran leadership yang di dalamnya terdapat aspek sikap peduli dan berbagi.

“Aksi ini sekaligus melatih anak-anak agar tanggap dalam menyikapi bencana dan melatih kepedulian siswa terhadap sesama yang mengalami bencana atau kesulitan,” ujar Azam Afian Dinata, Humas Al Muslim kepada majalahnurani.com

Kegiatan yang dilaksanakan di SD Al Muslim ini diawali dengan mensimulasikan penyelamatan diri ketika terjadi bencana gempa. Mengingat letak teritorial Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudera serta banyaknya terjadi gempa diberbagai daerah khususnya terbaru di Lombok dan sekitarnya.

Baca juga  SD Al Falah Darussalam, Siapkan Kelas Internasional

Azam memaparkan, Al Muslim sebagai sekolah sang pemimpin membekali siswa-siswinya untuk tanggap dalam menyikapi bencana terutama melakukan penyelamatan diri ketika terjadi bencana.

SIMULASI BENCANA

Simulasi tanggap bencana ini dilakukan ketika siswa sedang beraktifitas pembelajaran layaknya melakukan aktifitas sehari-hari. Setelah itu, dinyalakannya bunyi sirine sebagai tanda terjadinya bencana. Lalu siswa melakukan penyelamatan diri dengan cara berlari ke tempat terbuka dan menjauh dari ruangan beratap, sehingga ketika atap roboh yang di akibatkan oleh gempa siswa siswi dapat terselamatkan dari runtuhan atap gedung yang terkena gempa.

Selain mensimulasikan tanggap bencana, Al Muslim juga melakasanakan shalat ghoib dan doa bersama untuk para korban bencana gempa yang terjadi di Lombok dan sekitarnya.

Baca juga  Khofifah: AITE Beri Garansi Bagi Calon Jamaah Haji dan Umrah

Aksi ini untuk melatih nilai kepedulian dan kepekaan spiritualitas siswa dalam menyikapi saudara sebangsa dan setanah air yang menjadi korban bencana gempa.

“Shalat ghaib ini untuk mendoakan para korban gempa di lombok sekaligus untuk melatih kepekaan spiritualitas siswa ketika ada saudara, teman atau kerabat yang meninggal namun tempatnya sangat jauh,” tambah Ummuh Jazilah, Kepala SD Al Muslim.

Setelah melaksanakan simulasi dan shalat ghaib, siswa-siswi melakukan aksi penggalangan dana kepada seluruh siswa dan guru mulai dari unit KB-TK-SD-SMP-SMA untuk di donasikan kepada korban bencana gempa di Lombok dan sekitarnya.

“Saya senang melakukan aksi ini karena saya bisa belajar bagaimana caranya menyelamatkan diri saat terjadi bencana gempa dan mendoakan para korban bencana gempa dengan shalat ghaib,” ujar Sasa siswa SD Al Muslim kelas 5F.

Baca juga  Siap Gelar UNBK, Smamda Surabaya Deklarasi Kejujuran

“Saya berharap agar tidak ada lagi bencana yang terjadi di Indonesia,” harap Sasa seraya berdoa. 01/Bagus

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed