Jamaah Haji Mulai Rekam Biometrik

Mulai 6 Juli 2019, kloter pertama jamaah haji Jawa Timur sudah mulai masuk asrama haji Surabaya.

SYARAT VISA

Kasi Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim Sutarno Pertowiyono menjelaskan, jamaah yang berasal dari Jatim , NTT dan Bali yang berangkat tahun ini sekitar 38 ribu.

Untuk keseluruhan, Sutarno menyatakan bahwa persiapan haji di Jawa Timur sudah matang. Termasuk juga rekam biometrik yang menjadi syarat haji tahun ini.

Dia memaparkan bahwa Kemenag  membuka layanan perekaman biometrik sebagai prasyarat pembuatan visa jamaah haji.

“Ini kebijakan dari pemerintah Arab Saudi,” tutur dia kepada majalahnurani.com

Untuk sementara, rekam biometrik  dilakukan VFS Tasheel yang ditunjuk langsung  pemerintah Arab Saudi.

“Kalau di Surabaya, jamaah bisa rekam biometrik di BG Junction,” urainya.

34 KANTOR

Dari rilis Kemenag, layanan rekam biometrik sudah berjalan sejak Senin (11/3/2019).

Kasubdit Dokumen Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Nasrullah Jassam, wilayah yang sudah menerapkan perekaman biometrik antara lain Maluku Tenggara Barat dan Ambon.

Baca juga  Ribuan Guru, Dosen dan Karyawan YPM Taman Sidoarjo Hadiri Halal Bihalal

“Kemarin pagi tercatat 85 jemaah di Ambon melakukan perekaman,” katanya.

Sudah ada 34 kantor layanan VFS Tasheel yang melayani rekam biometrik, kecuali Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara.

Kemenag saat ini juga sedang menambah tujuh titik layanan perekaman, yaitu di Solo, Semarang, Cirebon, Serang, DI Yogyakarta, Pekanbaru, dan Palembang.

Kemenag juga mengusulkan agar VFS Tasheel membuka 120 titik lagi di kabupaten/kota pada provinsi dengan jumlah jemaah banyak dan lokasinya yang jauh untuk mempermudah layanan.

Menurutnya VFS Tasheel juga menyediakan layanan bergerak untuk jamaah haji yang memiliki akses susah menuju kantor perekamanan. Layanan tersebut, menurut Nasrullah mirip dengan SIM Keliling.

“Untuk wilayah seperti Papua, kemungkinan layanan bukan dalam bentuk kantor tapi dalam bentuk bio mobile. Layanannya mirip dengan layanan perpanjangan sim keliling,” ujarnya.

Baca juga  Ribuan Guru, Dosen dan Karyawan YPM Taman Sidoarjo Hadiri Halal Bihalal

Nasrullah menambahkan, untuk urusan teknis terkait perekaman biometrik ini akan disampaikan oleh bidang haji di masing-masing Kanwil Kemenag Provinsi dan Kasi Haji Kankemenag Kabupaten/Kota.

“Proses perekaman berbasis manifest daftar jemaah haji yang diterbitkan oleh Kemenag. Manifest itu diserahkan ke pihak VFS Tasheel untuk dilakukan input data. VFS Tasheel selanjutnya akan membuat jadwal perekaman. Jemaah lalu datang ke kantor VFS Tasheel sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Berikut ini daftar alamat Kantor VFS Tasheel di beberapa kota besar.

1. Jakarta

a. Pasar Raya Blok M – Lantai 1 (Jalan Sultan Iskandarsyah II No. 1, Rt.03/Rw.01 Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan, DKI Jakarta Indonesia).

b. Cipinang Indah Mall – Lantai Dasar (GF)(Jalan Raya Kalimalang No.kav. 88, RT.18/RW.3, Pondok Bambu, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta Indonesia).

c. Epiwalk – Lantai 2 (Kawasan Rasuna Epicentrum, Jalan HR. Rasuna Said, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940).

Baca juga  Ribuan Guru, Dosen dan Karyawan YPM Taman Sidoarjo Hadiri Halal Bihalal

2. Bandung: Click Square Mall (Jalan Naripan No.89, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia).

3. Surabaya: BG Junction  (Jalan Bubutan No.1-7, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur Indonesia).

4. Medan: Cambridge City Square – Lantai Dasar (Jalan S. Parman, Petisah Tengah, Kota Medan, Sumatera Utara Indonesia).

5. Makassar: VFS Tasheel – Front of Hotel The Rinra (Jalan H.M Daeng Patompo Panambungan, Mariso, Makassar , 90134, Sulawesi Selatan).

6. Balikpapan: Balikpapan Ocean Square – Lantai 3A (Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia).

7. Banda Aceh: Gedung Pasar Atjeh – Lantai III(JL. Diponegoro, Gapong BaruBagusamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh Indonesia). 01/Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed