KB-TK Al Muslim Gelar Parenting & Class Meeting

Sebagai kegiatan akhir tahun pelajaran 2018/2019, KB-TK Al Muslim mengadakan kegiatan parenting bersama praktisi dan pemerhati pendidikan anak usia dini, Rininta Amriani Mahda, pada Sabtu, (15/6/2019).

KEBIASAAN MEMBACA

Kali ini acara parenting mengusung tema “Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Sejak Usia Dini”.

Selesai parenting, para orang tua beserta putra-putrinya mengikuti perlombaan peras air untuk siswa Kelompok bermain.

Kemudian lomba mewarnai teknik doodle untuk siswa TK A dan finger print untuk siswa TK B.

PENDAMPINGAN ANAK

Siti Aminah Kepala KB-TK Al Muslim menyampaikan bahwa tujuan kegiatan parenting kali ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara orang tua dan sekolah dalam menumbuhkan kebiasaan gemar membaca siswa.

“Mengingat sangat penting dan bermanfaatnya kegiatan membaca bagi anak. Karena membaca dapat meningkatkan daya pikir dan kemampuan seseorang dalam menemukan hal-hal yang berguna bagi kehidupan,” ujar Siti kepada majalahnurani.com

Menurutnya, orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Kontribusi orang tua membacakan buku adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan, karena banyak orang yang sukses diawali dengan kecintaanya akan membaca.

“Membacakan buku pada anak dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini,” sambung dia.

BERPIKIR KREATIF

Dalam sambutannya, Erlina Nasution selaku pembina yayasan Al Muslim menyampaikan bahwa pada abad 21 ini dibutuhkan anak-anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi.

Abad ini, tuturnya, menuntut orang tua untuk mendampingi anak-anaknya mampu menguasai kecakapan beragam literasi (multiliterasi).

“Antara lain, membaca dan menulis, bahasa dan sastra, menguasai angka, pengetahuan alam (SAINS), keuangan (Financial), teknologi (digital), budaya dan kewarganegaraan,” imbuhnya.

Hingga akhirnya acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba yang disampaikan oleh ketua komite KB-TK Al Muslim.
Triana Dewi/Wakil Kepala Sekolah KB-TK Al Muslim. 01/Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed