Press "Enter" to skip to content

Yayasan Al Muslim Ajari Siswa Proses Jual Beli Hewan Kurban

Momen Idul Adha tidak dilewatkan begitu saja oleh yayasan Al Muslim Jawa Timur. Momen Idul Adha 1440 H dimanfaatkan sebagai pembelajaran bagi siswa-siswi SD, SMP, dan SMA terutama pada mata pelajaran PAI dan program uanggulan Leadrship.

“Momen Idul Adha ini kami manfaatkan sebagai media pembelajaran secara langsung untuk siswa SD, SMP, dan SMA tentang memilih dan membeli hewan qurban secara langsung serta melaksanakan akad jual beli menurut Islam yang salah satunya adalah ijab qobul antara penjual dan pembeli,” ujar Azam Afian Dinata Selaku Humas Al Muslim kepada majalahnurani.com

MEMILIH HEWAN

Siswa yang terlibat dalam pembelian hewan qurban, lanjut Azam, secara langsung dipilih dari siswa SD, SMP, dan SMA. Sebelum berangkat membeli hewan qurban siswa-siswi di breifing terlebih dahulu oleh ustadz Hariyanto selaku kepala gugus PAI tentang cara memilih hewan qurban yang baik dan tata cara melaksanakan jual beli secara Islam, yang didalamnya juga ada akad jual beli antara penjual dan pembeli.

“Harapannya agar siswa-siswi mempunyai bekal sebelum memilih dan membeli hewan qurban,” imbuhnya.

Sesampai di lokasi penjual hewan qurban kambing, siswa-siswi langsung diminta untuk mengidentifikasi hewan qurban yang layak untuk dibeli dan dibuat untuk qurban.

Siswa-siswi pun dengan senang melihat dan memberi makan kambing sambil memilih kambing manakah yang layak untuk diberi dan dijadikan hewan qurban Al Muslim.

MENINGKATKAN KEPEKAAN

Setelah memilih hewan yang layak untuk dibuat qurban, siswa pun mencoba menanyakan harga dan menawar harga yang disampaikan oleh penjual hewan qurban. Saat sudah ditentukan harga kesepakatan, siswa-siswi pun melaksanakan akad jual beli yang diantaranya adanya ijab qobul.

“Proses ijab qobul tersebut siswa dan penjual berinteraksi langsung memberikan uang kepada penjualnya sambil menyampaikan.

“Pak kambingnya saya beli ya untuk qurban Al Muslim, semoga berkah,” tutur Ibam siswa SD Al Muslim.

Penjual pun sambil bersalaman juga menjawab “Iya dek, kambingnya saya jual, semoga Al Muslim semakin maju.”

Setelah proses pembelian hewan qurban, siswa-siswi pun turut membagikan langsung kepada berbagai masjid dan panti asuhan sekitar juga memberikan biaya operasional untuk panitia penyembelihan hewan qurban.

“Kami berharap dengan adanya momen Idul Adha 1440H ini mampu meningkatkan kepekaan siswa-siswi untuk berbagi dan menerapkan konsep jual beli menurut Islam,” pungkas Azam Afian Dinata. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *