Gelar Rakornas, MUI Bahas Islam Moderat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V MUI pada 11-13 Oktober 2019 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Evaluasi Program Kerja

Kepada majalahnurani.com Wakil Ketua Umum MUI KH Zainut Tauhid Sa’adi menjelaskan jika rakernas akan dibuka Presiden Jokowi dan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, di Rakernas nanti tidak ada agenda untuk memilih ketua umum MUI untuk menggantikan KH Ma’ruf Amin yang akan menjabat wakil presiden.

“Rakernas MUI ini khusus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja, dan situasi organisasi MUI baik pusat maupun daerah selama tahun 2019. Selain itu, membahas dan menetapkan program kerja prioritas komisi/badan/lembaga diingkungan MUI Pusat tahun 2020, dan ini merupakan Rakernas MUI terakhir periode kepengurusan 2015-2020,” terang Zainut.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

Islam Moderat

Lebih lanjut menurut Zainut, rakernas merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah forum Musyawarah Nasional (Munas). Tema Rakernas ini adalah “Meneguhkan Islam Wasathiyah (Islam moderat) untuk Membangun Peradaban Indonesia”.

“Islam Wasathiyah merupakan acuan MUI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan cita-cita mewujudkan Islam Wasathiyah dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, dan nilai-nilainya mewarnai dan menjadi bagian kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita,” tegasnya. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed