Mahasiswa UM Ciptakan Mesin Pensteril Uang Corona

Penularan Corona (Covid-19) bisa terjadi dimana saja dan menempel dimanapun. Seperti halnya virus Corona yang bisa menempel di uang.

Nah untuk mencegah penularan virus Corona dari uang, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Iman Ramdhan dan Putri Widia Ningrum, kemarin melaunching mesin pensteril uang dari virus Corona.

Mesin ciptaannya ini berbentuk kotak hitam mirip mesin printer komputer. Kotak ini diberi nama Box Covid-19 dengan memanfaatkan sinar ultraviolet (UV).

Memakai Sensor

Cara kerjanya, mesin kotak steril ini memakai sensor ultrasonik di kedua sisi boks. Sensor ini mendeteksi gerakan tangan dan secara otomatis akan mengirimkan sinyal agar pintu boks terbuka.

Sementara, untuk membuka dan menutup pintu boks, memanfaatkan sensor servo sehingga tidak membutuhkan tombol tambahan.

“Saat uang masuk dan pintu menutup, secara otomatis sinar UV akan menyala selama 15 detik. Setelah 15 detik pintu juga akan keluar otomatis,” papar Iman.

“Lamanya penyinaran sinar UV menjadi waktu ideal untuk menghilangkan mikroorganisme atau bakteri dari permukaan uang,” tambah Putri yang mengambil jurusan Teknik Laboratorium Medik, Sabtu (2/5/2020).

Dibagikan ke Warung

Dia mengklaim berdasarkan uji mikroskop, uang yang disinari selama 15 detik bisa menghilangkan semua bakteri dan mikroorganisme.

Selain itu, uang yang disterilkan dalam satu waktu maksimal 10 lembar sebab jika terlalu banyak tumpukan uang dikhawatirkan tidak maksimal saat penghilangan bakteri.

Nantinya mesin ini akan dibagikan ke warung, toko sebagai upaya untuk mencegah virus Corona dari uang.

“Produk ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya pedagang dan pemilik warung agar tetap melakukan transaksi tanpa harus tertular virus Corona,” pungkasnya.01/ Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed