Masih Pandemi Corona, Menag Imbau Umat Islam Shalat Idul Fitri di Rumah

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan agar umat Islam melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah masing-masing karena pandemi virus corona (Covid-19).

“Boleh tidak salat, karena hukumnya sunah. Tapi Menag menyarankan untuk tetap salat di rumah, karena hukumnya sunah muakkadah, sangat dianjurkan,” kata Fachrul, Rabu (13/5).

Mantan wakil Panglima TNI itu mengatakan shalat Id di rumah seperti salat dua rakaat biasa. Ia pun mengingatkan bahwa Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah meninggalkan Shalat Id.

Bahkan, kata Fachrul, Nabu Muhammad SAW memerintahkan perempuan dan anak muda untuk shalat Id. Sehingga Fachrul berharap umat Islam bisa meniru kisah tersebut.

Baca juga  Indonesia Darurat Judi Online, Tahun 2023 Perputaran Uang Rp 327 Triliun

“Shalat di rumah bisa seperti salat dua rakaat biasa, bisa dengan tujuh takbir rakaat pertama dan lima takbir rakaat kedua, bisa juga ditambah khutbah,” ucapnya.
Sebelumnya, publik menyoroti pelaksanaan Idulfitri di tengah pandemi virus corona. Pelaksanaan salat Id menjadi pertanyaan karena biasanya dilakukan berjamaah di tempat terbuka.

Wacana salat Id di masjid atau lapangan terbuka saat pandemi semakin kencang usai pernyataan Fachrul. Beberapa hari lalu dia bilang pemerintah tengah mengkaji pelonggaran aktivitas di tempat ibadah.

Namun pernyataan itu disusul klarifikasi Kepala Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Doni meminta umat Islam shalat di rumah selama pandemi virus corona belum selesai.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

Sampai hari ini, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia, Rabu (13/5) mencapai 15.438 kasus. Sebanyak 1.028 orang di antaranya meninggal dan 3.287 orang lainnya dinyatakan sembuh. ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed