Press "Enter" to skip to content

Idul Fitri Sama, Muhammadiyah Tidak ikut Sidang Isbat

Hari raya idul Fitri dipastikan sama,  Pimpinan Pusat (PP) Muhammdiyah menyatakan tidak akan ikut sidang isbat untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1441 Hijriah. PP Muhammadiyah telah menetapkan waktu Idul Fitri dengan waktu yang telah ditetapkan secara nasional yakni pada Ahad (24/5).

“Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Fitri. Tidak ada sidang itsbat Insya Allah Idul Fitri sama,” ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti saat dihubungi, Kamis (21/5).
Abdul Mu’ti meminta umat Islam agar melaksanakan shalat Idul Fitri sesuai anjuran Fatwa Majelis Ulama Indonesia, PP Muhammadiyah, PBNU dan Ormas Islam lainnya. Anjuran ini dikeluarkan demi mencegah musibah yang lebih besar terhadap diri umat Islam.

“Dalam situasi Pandemi Covid-19 merupakan sebaiknya shalat di rumah untuk menghindari terjadinya musibah,” ujarnya.

Baca juga  Jelang Coblosan, MUI Imbau Waspadai Provokasi

Dikatakan, untuk mengikuti anjuran MUI dan ormas-ormas Islam, Muhammadiyah juga mengingatkan agar umat Islam tetap menjaga kerukunan di antara seluruh umat manusia. Sehingga demikian tercapailah suasana Idul Fitri yang aman dan tentram.

“Hendaknya menjaga kerukunan, memperbanyak takbir, dan pada saat Idul Fitri agar memanjatkan doa untuk keselamatan bangsa dan agar pandemi Covid-19 segera berakhir segera berakhir,”pungkasnya.(01)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *